Preeklamsia

Pengobatan Preeklamsia

Pengobatan preeklamsia yang paling tepat adalah melahirkan bayi yang berada di dalam kandungan. Namun, apabila usia bayi dalam kandungan belum cukup umur untuk dilahirkan, maka pasien preeklamsia tidak dianjurkan untuk melahirkan terlalu prematur.

Apabila Anda didiagnosis preeklamsia, maka dokter akan menyarankan Anda untuk lebih sering melakukan kunjungan prenatal. Selain melahirkan bayi sesegera mungkin, berikut adalah jenis pengobatan yang dianjurkan untuk menolong pasien preeklamsia.

Obat untuk menurunkan tekanan darah

Obat anti-hipertensi ini sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pasien preeklamsia yang cenderung tinggi. Mesipun ada berbagai merk obat anti-hipertensi, tetapi tidak semua jenis obat anti-hipertensi aman untuk wanita hamil. Oleh karena itu, diskusikan dengan dokter Anda mengenai obat anti-hipertensi yang aman untuk wanita hamil.

Kortikosteroid

Kortikosteroid bermanfaat untuk membantu mematangkan paru-paru janin yang akan dilahirkan secara prematur sehingga akan membantu untuk meningkatkan harapan hidup si bayi yang lahir secara prematur.

Obat antikonvulsan

Jika preeklamsia yang dialami meningkat menjadi eklampsia, dokter akan meresepkan antikonvulsan, seperti magnesium sulfat yang dapat membantu pasien agar tidak kejang.

Bed rest untuk sementara waktu

Sembari menjalani berbagai pengobatan medis, pasien preeklamsia juga sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Hindari aktivitas yang padat dan melelahkan terlebih dahulu.

Rawat inap

Apabila pasien menderita preeklamsia yang sangat berat, maka pasien tersebut harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Di rumah sakit, dokter mungkin akan segera memantau kesejahteraan bayi dan mengukur volume cairan amnion.

 

Rangkaian pengobatan preeklamsia ini dapat dipilih sesuai dengan usia kehamilan atau tingkat keparahan preeklamsia yang dialami pasien. Untuk mempercepat proses pengobatan, pasien preeklamsia juga dianjurkan untuk melakukan sejumlah perawatan sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.