Preeklamsia

Pencegahan Preeklamsia

Para peneliti medis masih mencari cara pencegahan preeklamsia. Namun, tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini.

Meningkatkan asupan Vitamin C dan E belum memberikan manfaat untuk mencegah preeklamsia. Sementara itu, penelitian akan konsumsi Vitamin D untuk mencegah preeklamsia sedang berlangsung.

Dalam beberapa kasus, wanita hamil kurang mendapatkan asupan kalsium dan berisiko tinggi mengalami preeklamsia. Oleh karena itu, langkah pencegahan preeklamsia dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen apa pun sebaiknya pasien berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungannya.

Selain cara tersebut, pencegahan preeklamsia bisa dilakukan dengan beberapa hal yang alami. Meskipun tidak terbukti ampuh dapat mencegah preeklamsia, tetapi cara-cara ini dapat membuat wanita hamil dan bayi dalam kandungannya jadi lebih sehat. Berikut adalah cara alami untuk mengurangi risiko preeklamsia:

  • Olahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur dapat mengurangi stres dan risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia. Tentu saja olahraga yang boleh dilakukan oleh wanita hamil berbeda dengan olahraga biasa. Untuk itu, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter Anda.
  • Hindari dehidrasi dan kelelahan. Untuk menjaga keseimbangan natrium, maka ibu hamil harus terhindar dari dehidrasi. Cara untuk menghindari dehidrasi adalah minum cukup air setiap hari (setidaknya 8 gelas per hari) dan membatasi minuman berkafein atau beralkohol. Sementara itu, untuk mencegah kelelahan maka wanita hamil harus mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni 7-8 jam setiap malam dan lebih banyak bersantai agar tidak menjadi kelelahan dan stres.