Preeklamsia

Pengertian Preeklamsia

Preeklamsia adalah suatu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan gejala berupa tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ tubuh lainnya, yang paling umum adalah ginjal.

Penyakit ini umumnya dialami wanita hamil yang memasuki usia 20 minggu kehamilan. Wanita yang sebelum hamil mempunyai tekanan darah yang normal pun bisa terkena preeklamsia.

Selain tekanan darah tinggi, gejala preeklamsia adalah pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan tangan, serta terdapat kandungan protein di dalam urin. Jika tidak segera diobati, maka preeklamsia dapat berakibat fatal dan menimbulkan komplikasi pada wanita hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Preeklamsia yang tidak kunjung mendapatkan pengobatan serius dapat berkembang menjadi eklamsia. Wanita hamil yang memiliki eklamsia dapat mengalami kejang yang pada akhirnya membahayakan janin dan juga dirinya.

Cara untuk mengatasi preeklamsia adalah dengan melahirkan bayi tersebut, meskipun prematur. Akan tetapi, jika usia kehamilan masih dirasa belum cukup untuk melahirkan secara prematur, maka dokter akan berusaha memberikan pengobatan secara medis melalui obat-obatan.

Penyebab preeklamsia belum diketahui pasti hingga saat ini. Preeklamsia yang terjadi pertama kali, berisiko tinggi dialami oleh remaja yang hamil atau wanita yang hamil di usia 40 tahun ke atas. Bahkan, preeklamsia juga bisa dialami oleh wanita obesitas atau yang memiliki ibu maupun saudara perempuan yang juga pernah mengalami preeklamsia.