Pola Makan Diet Bisa Menimbulkan Jerawat?

Dewasa ini, muncul berbagai mitos bahwa salah satu penyebab jerawat adalah makan. Coklat bisa menyebabkan jerawat di dahi dan makanan gorengan atau yang berminyak bisa menimbulkan kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Bahkan, muncul asumsi bahwa makanan diet bisa menyebabkan jerawat. Nah, mari kita cari tahu apakah makanan atau pola makan diet berkontribusi dalam menimbulkan jerawat.

KEMUNCULAN jerawat seringkali diklaim sebagai adanya perubahan genetika di dalam tubuh, seperti perubahan berat badan, kadar hormon yang berlebihan dan stres. Tak hanya itu saja, keberadaan jerawat sering dikaitkan pada suatu hal yang biasa kita konsumsi. Telur, coklat, dan kacang adalah sejumlah makanan yang disinyalir sebagai penyebab jerawat.

Permen atau coklat umumnya mengandung gula dan susu yang diklaim dapat meningkatkan kadar androgen (hormon laki-laki) yang berkontribusi dalam memproduksi kadar minyak di wajah. Di samping itu, indeks glikemik yang tinggi di dalam coklat juga berkaitan dengan jerawat. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan mengirim kelejar sebaceous untuk memompa keluar kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Akibatnya, minyak tersebut akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi, sangat benar bahwa makanan merupakan salah satu dari penyebab jerawat. Akan tetapi, makanan bukanlah satu-satunya faktor penyebab timbulnya jerawat.

Baca juga: Mitos & Fakta Seputar Jerawat

Lantas, adakah hubungan antara pola makan diet dengan jerawat? Ya. Berdasarkan beberapa penelitian, diet paleo atau yang dikenal sebagai diet yang mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah juga memiliki dampak positif dalam menimbulkan jerawat. Pasalnya, segala jenis karbohidrat olahan cenderung memicu jerawat, karena mereka sedikit

A day dreamer and a night thinker.