Pola Makan dan Olahraga Sesuai dengan Golongan Darah

Tips Sehat

Menjaga penampilan adalah hal yang wajib diperhatikan. Salah satunya, yaitu dengan menjaga berat badan. Bagi Anda yang sudah melakukan pola makan diet yang benar dan olahraga yang teratur, namun belum juga mendapatkan bentuk tubuh yang sehat dan ideal mungkin Anda perlu mencoba diet golongan darah yang dipopulerkan oleh Dr. Peter J. A’damo.

diet golongan darah

SETIAP golongan darah O, A, B, dan AB mempunyai masing-masing karakter yang unik. Mengetahui golongan darah Anda bukan hanya berguna untuk  mempelajari karakter personal Anda, tapi juga dapat mengetahui pola makan diet yang benar dan diet golongan darah yang tepat.

Golongan Darah O

Karakter tipe O  memiliki jiwa kepemimpinan, kompetitif dan enerjik. Tipe O membutuhkan protein hewani dengan kadar banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya.

Makanan yang harus dikonsumsi:

Karena membutuhkan protein hewani yang cukup, tipe O disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti daging sapi tanpa lemak, domba, kalkun, ayam, dan beberapa jenis ikan laut.

Makanan yang harus dihindari:

Tipe O kebanyakan mengalami kesulitan mencerna produk susu, telur, dan gluten. Hindari bibit gandum dan produk gandum seperti roti. Kacang polong atau kacang-kacangan lain juga harus dihindari bila memungkinkan, karena dapat mengacaukan pencernaan Anda. Hindari juga sayuran seperti kubis, kembang kol, dan sawi karena dapat mengganggu fungsi tiroid.

Olahraga yang dianjurkan:

Berolahraga akan membantu mengatasi masalah perut seperti maag yang mungkin Anda alami. Tidak masalah, karena tipe O cenderung aktif secara fisik dan tetap energik dengan tetap senantiasa bergerak. Memeras keringat dengan berenang, berlari, bersepeda, dan latihan beban adalah olahraga yang tepat untuk Anda.

Baca juga: 10 Manfaat Pola Makan Diet Sehat

Golongan Darah A

Terstruktur, pekerja keras, dan tenang, itulah karakter yang tepat untuk menggambarkan si tipe A. Tipe A memiliki enzim pencernaan dan bakteri yang dibutuhkan untuk mencerna biji-bijian yang mungkin sulit dicerna oleh golongan darah lainnya.

Makanan yang harus dikonsumsi:

Buah dan sayur adalah makanan yang sangat dianjurkan bagi tipe A. Buah yang dianjurkan adalah buah beri, apel, alpukat, pir, dan buah persik. Sedangkan sayur yang sebaiknya dipilih yaitu brokoli, wortel, dan sayuran hijau. Kedelai dan kacang-kacangan dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok untuk mendapatkan protein karena tubuh tipe A dapat dengan mudah mendapatkan nutrisi optimal dari biji-bijian.

Makanan yang harus dihindari:

Ikan dan unggas harus dibatasi karena tipe A menghasilkan lebih sedikit enzim pencerna daging. Bagi golongan darah A yang memiliki kadar kortisol tinggi yang dapat menyebabkan gangguan tidur, kehilangan otot, kenaikan lemak dan resistensi insulin, Anda dapat menyeimbangkannya dengan membatasi gula, kafein, dan alkohol. Selain itu, jangan melewatkan makan, terutama sarapan pagi. Anda juga disarankan untuk mengurangi pekerjaan yang melelahkan.

Olahraga yang dianjurkan:

Mungkin karena cenderung perfeksionis dan pekerja keras, tipe A lebih mudah stress. Olahraga yoga bisa menjadi jawaban yang tepat untuk mengobati lelah fisik dan jiwa Anda setelah beraktivitas.

Golongan Darah B

Santai, individualis, dan tidak terburu-buru adalah karakter yang cenderung dimiliki oleh tipe B. Untuk nutrisi tubuh, makanan daging merah tanpa lemak seperti daging sapi, daging domba, dan ikan sangat dibutuhkan. Produk susu seperti yogurt dan keju dapat dikonsumsi dengan baik setiap harinya.

Makanan yang harus dikonsumsi:

Makanan kaya serat seperti buah dan sayuran adalah makanan yang tepat bagi tipe B ini. Sayuran yang sebaiknya dikonsumsi, antara lain adalah sayuran yang kaya akan magnesium seperti wortel, bayam, dan selada. Sedangkan untuk buah antara lain pisang, nanas, dan anggur.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Diet Mediterania

Makanan yang harus dihindari:

Lain halnya dengan golongan darah A yang mudah mencerna biji-bijian, memakan biji-bijian bagi golongan darah B justru mengubah kemampuan bermetabolisme tubuh. Diet golongan darah B adalah dengan menghindari kacang, biji bunga matahari, dan biji wijen.

Olahraga yang dianjurkan:
Olahraga menyenangkan seperti bermain tenis atau golf bisa menjadi pilihan yang tepat. Latihan menantang untuk menjaga keseimbangan tubuh seperti hiking dan bela diri juga bisa menjadi alternatif yang tepat.

Golongan Darah AB

Karakter tipe AB merupakan karakter yang paling unik diantara golongan darah lainnya. Selain karena tipe AB merupakan yang paling langka, karakternya cenderung sulit tertebak, mudah berubah namun dapat dipercaya. Jadi Anda tidak salah jika ingin menjadikan tipe AB sebagai teman curhat

Makanan yang harus dikonsumsi:

Jika memiliki sistem kekebalan yang lemah, pola makan diet kaya nabati dengan berbagai karbohidrat bisa menjadi solusi yang tepat. Buah segar seperti ceri , semangka, dan anggur juga dibutuhkan oleh tubuh Anda. Menikmati seafood seperti ikan kakap merah, salmon, dan ikan sarden bisa menjadi makanan sehat yang tepat bagi Anda.

Makanan yang harus dihindari:

Jika Anda memiliki golongan tipe AB, namun suka mengonsumsi kopi terutama pada saat stres, mulai sekarang Anda harus mulai menguranginya. Kafein dan alkohol adalah minuman yang perlu Anda hindari. Pola makan diet bagi tipe O juga tidak mengandung protein hewani seperti daging panggang, ayam, sapi, daging sapi, babi, atau kerang .

Olahraga yang dianjurkan:

Ketika Anda terlalu letih karena bekerja sepanjang hari, olahraga latihan fisik yang lebih intens seperti berlari atau bersepeda bisa menjadi pelarian dari kepenatan Anda. Untuk menjaga keseimbangan, Anda juga bisa melakukan aktifvtas kombinasi menenangkan seperti yoga atau tai chi.

Stop say I can't, say I will learn till I can :)