Plasenta Previa

Pengertian Plasenta Previa

Plasenta previa adalah kondisi ketika plasenta bayi menutupi sebagian atau seluruh bagian pada leher rahim selama bulan-bulan terakhir kehamilan. Kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan hebat sebelum atau selama persalinan. Di samping itu, plasenta previa juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

gejala plasenta previa

Plasenta berkembang di rahim wanita selama kehamilan. Organ ini memiliki bentuk yang menyerupai kantong dan berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi kepada janin atau bayi di dalamnya.

Posisi plasenta menempel di dinding rahim. Pada sebagian besar kehamilan, plasenta menempel di bagian atas atau samping rahim. Akan tetapi, pada kasus plasenta previa, plasenta menempel dibagian bawah rahim.

Plasenta previa adalah gangguan kehamilan yang sebenarnya jarang dialami oleh para wanita hamil. Selama kehamilan, plasenta akan bergerak membentang ke rahim dan terus mengalami pertumbuhan.

Sangat normal jika posisi plasenta terletak di bawah rahim pada awal kehamilan, sebab seiring bertambahnya usia kehamilan maka plasenta juga akan bergerak ke atas rahim. Namun, pada kasus plasenta previa, plasenta tetap berada di bagian bawah rahim dan cenderung menutup sebagian atau seluruh serviks.

Wanita hamil yang mengalami plasenta previa harus beristirahat total dan tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas berat. Sebab jika seorang wanita mengalami plasenta previa dan dibiarkan begitu saja, maka kondisi tersebut dapat berbahaya bagi wanita hamil dan bayi yang berada di dalam kandungannya.