Pil KB Bisa Atasi Haid Tidak Teratur

Tahukah Anda kalau Pil KB memperlancar haid? Lantas bagaimana cara kerja dan pengaruh pil KB terhadap siklus haid? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

pil kb untuk haid tidak teratur

LEBIH dari sekedar alat pengontrol kehamilan, ternyata Pil KB memperlancar haid yang tidak teratur. Dan karena fungsi utamanya adalah untuk mencegah kehamilan, maka pil KB otomatis dapat membuat dinding rahim terus-menerus berada dalam keadaan tipis.

Ketika dinding rahim tipis, maka produksi prostaglandin (zat kimia alami yang dihasilkan dinding rahim atau endometrium) akan menipis. Prostaglandin inilah yang biasanya menyebabkan kram haid karena ia membuat otot dan pembuluh darah rahim berada dalam kondisi mengerut.

Dengan kata lain, kalau dinding rahimnya lebih tipis, maka tak banyak darah haid yang keluar. Dan Anda juga akan terbebas dari nyeri haid.

Oleh sebab pengaruh pil KB terhadap siklus haid begitu positif, maka alat kontrasepsi hormonal ini juga bisa membantu mengatasi masalah ginekologi lainnya yang menyebabkan nyeri haid atau pendarahan abnormal ketika menstruasi. Pada dasarnya, alat kontrasepsi dapat dibagi menjadi 2 kategori:

1. Kontrasepsi Hormonal Kombinasi (KOK)

Sesuai namanya, pil KB ini mengandung 2 macam hormon sintetis yaitu estrogen dan progesteron. Keduanya bekerjasama untuk mencegah ovulasi. Cara kerjanya adalah dengan menstabilkan kadar hormon dalam tubuh sehingga siklus haid normal yang biasanya bergantung pada perubahan hormon, akan mengalami gangguan.

Saat ovulasi tak terjadi, dinding rahim juga takkan menebal seperti biasanya. Dan seperti disinggung sebelumnya, dinding rahim tipis bisa meminimalisasi rasa sakit dan jumlah darah yang keluar. Karena biasanya, ada masa tertentu dimana tubuh berhenti mendapatkan asupan hormon sejenak, maka pada minggu itu, Anda akan mengalami haid yang lebih ringan ketimbang siklus biasanya.

KOK tak hanya diluncurkan ke pasaran dalam bentuk pil saja, namun ada juga patch dan vaginal ring, yang kesemuanya bekerja dengan tujuan sama yaitu mencegah kehamilan, mengurangi nyeri haid, dan mengontrol volume darah saat haid.

2. Kontrasepsi progestin

Sama seperti KOK, kontrasepsi progestin juga bekerja dengan tujuan menghambat ovulasi serta menipiskan dinding rahim. Namun karena pil ini tidak mengandung estrogen sama sekali, maka dinding rahim akan benar-benar tipis, sehingga Anda mungkin takkan mengeluarkan darah sama sekali.

Akan tetapi pada beberapa wanita, saat dinding rahim berada dalam kondisi yang terlalu tipis, mereka akan mengalami haid yang tidak teratur. Haid tidak teratur inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan utama, mengapa banyak wanita kemudian menghentikan penggunaan pil KB progestin.

Selain dalam bentuk pil yang mesti rutin dikonsumsi di jam yang sama setiap hari, kontrasepsi progestin juga dibikin dalam bentuk:

  • Suntikan, biasanya diberikan setiap 3 bulan sekali
  • Implan, ditanam di bawah kulit lengan selama 3 tahun untuk menahan produksi progestin
  • Alat khusus yang biasanya juga mengandung progesteron, dan ditanam dalam rahim selama 2-5 tahun lamanya.

Pertanyaan terakhir, bagaimana dengan wanita yang belum menikah? Bolehkah ia menggunakan pil KB memperlancar haid? Untungnya, pil KB tetap boleh digunakan oleh semua perempuan yang berada dalam usia produktif. Jadi Anda yang selalu menghadapi siklus haid yang berat, jangan segan berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan bantuan pil KB.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.