Peyronie (Penis Bengkok)

Penyebab Peyronie (Penis Bengkok)

Penyebab penis bengkok sebenarnya belum dapat diketahui secara pasti. Akan tetapi, para ahli berpendapat bahwa gangguan medis tersebut bisa timbul karena penis pernah mengalami trauma atau terluka, seperti saat berhubungan seks, aktivitas olahraga, kecelakaan, atau terbentur sesuatu.

Meski luka dapat menjadi penyebab penis bengkok, namun pihak NKUDIC (National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse) mencatat bahwa seringkali penyakit Peyronie muncul bukan akibat luka traumatik.

Faktor lain yang turut menjadi pemicu munculnya penyakit Peyronie adalah keturunan dan usia. Perubahan jaringan kulit akibat usia yang semakin tua bisa membuat penis rawan terluka dan lebih lama untuk sembuh, sehingga tak heran kalau penyakit ini sering menyerang pria usia 40 tahun ke atas. Walau demikian, bukan berarti mereka yang lebih muda tidak bisa terkena penyakit Peyronie.

Mereka yang mengidap kelainan jaringan otot seperti Kontraktur Dupuytren misalnya, juga beresiko lebih tinggi mengidap Peyronie. Kontraktur Dupuytren adalah penebalan jaringan fibrostik di tangan dan kaki yang membuat jari sulit ditarik/ ditekuk masuk ke dalam.