Penyebab Sembelit Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Tips Sehat

Ketika mengetahui bahwa Anda positif hamil, perasaan bahagia tentu akan menyelimuti Anda dan pasangan. Namun, sudahkah Anda siap menghadapi berbagai gejala kehamilan yang cukup mengganggu? Salah satu gejala yang cukup mengganggu adalah konstipasi pada ibu hamil trimester 1. Sembelit ini bisa membuat Anda merasa begah dan tidak nyaman.

penyebab sembelit pada ibu hamil

SEMBELIT yang dialami oleh ibu hamil bukan datang tanpa sebab. Ada beberapa faktor penyebab sembelit pada ibu hamil, yakni:

Efek hormon progesteron

Salah satu hormon yang banyak diproduksi tubuh saat kehamilan adalah progesteron. Ini adalah hormon penting yang berfungsi sebagai perlindungan pada bayi dalam kandungan. Hormon ini menguatkan lapisan mukosa serviks sehingga tidak robek pada saat bersalin.

Sayangnya, terlalu banyak progesteron dapat membuat BAB keras saat hamil dan sulit untuk dikeluarkan. Progesteron juga mengurangi kontraksi yang memaksa makanan, cairan, limbah, dan nutrisi melalui perut sehingga menyebabkan konstipasi selama kehamilan.

Perubahan pola makan

Anda tentu tahu gejala lain yang umum dialami oleh wanita hamil adalah morning sickness. Bila Anda juga mengalami gejala ini, maka Anda akan lebih sering muntah dan kehilangan makanan maupun cairan tubuh. Kehilangan asupan makanan dan cairan ini bisa menyebabkan BAB keras saat hamil.

Cobalah untuk memperbanyak makan buah dan sayur agar buang air besar jadi lebih teratur. Hindari sejumlah makanan yang dapat memperparah sembelit, seperti produk susu, daging merah, dan minuman yang mengandung kafein.

Baca juga: Tak Perlu Panik Jika Mengalami 6 Hal Ini Saat Sedang Hamil

Kurang berolahraga

Pada masa kehamilan, wanita hamil memang tidak boleh terlalu lelah. Dokter juga menyarankan untuk tidak melakukan olahraga berat, tapi itu bukan berarti Anda tidak harus berolahraga sama sekali. Mulailah untuk melakukan olahraga ringan yang baik untuk kesehatan diri Anda dan janin di dalam kandungan. Berjalan kaki bisa mengurangi konstipasi pada ibu hamil trimester 1. Olahraga juga dapat membuat proses persalinan jadi lebih mudah dan tidak terlalu menyakitkan.

Faktor emosional

Ada yang mengatakan bahwa wanita hamil cenderung lebih emosional. Beberapa gejala kehamilan seperti morning sickness dan kram di perut memang bisa membuat wanita hamil jadi stres. Reaksi emosional ini bisa berimbas pada sistem pencernaan Anda. Akibatnya, wanita hamil yang stres bisa mengalami sembelit.

Asupan suplemen zat besi

Ketika hamil, dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa suplemen untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Akan tetapi, suplemen yang mengandung zat besi dapat menjadi penyebab sembelit pada ibu hamil. Bahkan, zat besi tersebut dapat berubah menjadi lengket di dalam pencernaan Anda sehingga mengakibatkan BAB keras saat hamil.

Baca juga: 5 Gejala Aneh yang Bisa Terjadi Saat Hamil

Selalu ada cara untuk mencegah BAB keras saat hamil. Anda bisa memiliki sistem pencernaan yang lancar dan buang air besar yang teratur apabila Anda melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Minum lebih banyak air

Tahukah Anda bahwa usus membutuhkan asupan cairan untuk mencerna makanan? Pada saat hamil, Anda mungkin akan mengalami morning sickness yang menguras cairan tubuh. Oleh karena itu, tingkatkan asupan cairan Anda dengan minum 10-12 gelas air sehari.

  • Konsumsi makanan kaya serat

Sudah menjadi rahasia umum jika serat dapat membantu melancarkan pencernaan. Tingkatkan asupan serat harian Anda untuk mengurangi konstipasi. Adapun makanan yang mengandung serat yang tinggi adalah brokoli, alpukat, oatmeal, dan buah-buah beri.

  • Lakukan olahraga ringan secara teratur

Hamil bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Dokter memang menyarankan Anda untuk tidak melakukan aktivitas berat, tapi itu artinya Anda tetap harus melakukan olahraga ringan. Anda bisa berjalan kaki selama 20 menit sehari untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga dapat meningkatkan kualitas sistem pencernaan agar menjadi lebih baik.

  • Dapatkan Asam Probiotik Acidophilus

Probiotik Acidophilus adalah bakteri baik yang dibutuhkan usus untuk melarutkan partikel makanan, mengambil nutrisi yang dibutuhkan darah dan tulang, serta menjaga sistem saluran pencernaan agar tetap bersih. Anda dapat menemukan bakteri baik ini di dalam makanan seperti yogurt, pistachio, dan asinan kubis.

Kini, Anda telah mengetahui sejumlah penyebab sembelit pada ibu hamil dan cara untuk mencegahnya. Anda dapat mencegah gejala kehamilan yang satu ini dengan menjalani gaya hidup lebih sehat dan mengonsumsi makanan berserat tinggi.

A day dreamer and a night thinker.