Penyebab Wanita Merasa Sakit Saat Berhubungan Intim

Saat romantis berduaan dengan pasangan menjadi dambaan setiap wanita. Namun, rasa sakit saat berhubungan intim dan tidak nyaman di daerah kewanitaan dapat menjadi hambatan. Apa penyebabnya?

sakit saat bercinta

BERCINTA sepatutnya menjadi momen yang Anda tunggu bersama pasangan. Namun, momen yang seharusnya menjadi momen syahdu berdua dapat terhambat karena perut bawah terasa sakit.

Beberapa wanita tidak terlalu memikirkan rasa sakit ini dan berasumsi posisi saat berhubungan intim dapat menjadi alasan rasa sakit. Namun, jika Anda sering merasakan rasa sakit dan nyeri saat bercinta, Anda patut was-was.

Ada beberapa faktor penyebab munculnya rasa nyeri di zona kewanitaan saat melakukan berhubungan intim:

Infeksi Vagina

Munculnya rasa sakit saat berhubungan intim dapat disebabkan adanya bakteri jamur pada vagina dan Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti yang disebabkan oleh serangan protozoa parasit Trichomonas Vaginalis, pencetus infeksi trikomonasis.

Untuk virus Trichomonas vaginalis, agak sulit untuk mendeteksi penyakit ini karena sebagian penderitanya gejalanya hampir sama dengan penyakit menular seksual lain. Infeksi pada vagina dapat menggangu kenyamanan Anda sebagai wanita. Tidak hanya saat bercinta, tapi juga dapat menggangu kegiatan sehari-hari Anda.

Iritasi di Area vagina

Iritasi daerah kewanitaan dapat disebabkan karena penggunaan produk untuk daerah kewanitaan yang kurang tepat. Penggunaan produk yang salah dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti sensasi terbakar, gatal, serta perubahan warna, bau, ataupun tekstur cairan vagina.

Penggunaan krim atau pelumas dari bahan jelly, semprotan pembersih kewanitaan beraroma ataupun sabun untuk daerah kewanitaan dapat menjadi penyebab iritasi vagina. Untuk itu, sebagai wanita patutlah berhati-hati menggunakan produk untuk daerah sensitif kewanitaan Anda.

Vagina Kering

Kondisi daerah kewanitaan yang kering dapat menjadi faktor rasa sakit saat berhubungan intim. Pada umumnya, vagina wanita menghasilkan cairan yang menjadi lubrikan alami saat berhubungan intim. Namun, vagina dapat menjadi kering saat-saat tertentu, salah satunya saat wanita kekurangan kadar estrogen.

Kondisi ini umumnya terjadi saat hamil, memasuki menopause, dan dalam masa pengobatan kanker payudara. Selain itu vagina kering juga berhubungan dengan kondisi yang lebih serius seperti penyakit sindrom Sjogren.

Kondisi lainnya yang dapat menyebabkan vagina kering adalah saat bercinta. Rasa gugup atau tegang saat bercinta dengan pasangan dapat memperlambat keluarnya lubrikan alami dari vagina, sehingga nantinya Anda dapat merasakan nyeri di bagian perut bawah.

Baca juga: Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Otot Dasar Panggul dan Vagina yang Menegang

Kondisi otot sekitar dasar panggul dan vagina yang menegang dapat terjadi ketika Anda merasa tidak rileks saat penetrasi bersama pasangan. Rasa sakit yang Anda alami dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat bercinta.

Kondisi ini dikenal dengan istilah vaginimus. Jalan keluarnya adalah dengan melakukan terapi dasar panggul dan foreplay yang lebih lama supaya Anda merasa rileks saat berhubungan intim.

Rasa Sakit di Klitoris

Klitoris adalah bagian paling sensitif di daerah kewanitaan. Klitoris yang sakit dapat disebabkan adanya iritasi akibat aktivitas saat berhubungan intim atau masturbasi.

Selain itu, daerah kewanitaan yang kurang higienis juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu jagalah daerah kewanitaan Anda dengan membilasnya secara benar, sehingga kondisi klitoris selalu bersih dan terhindar dari infeksi.

Rasa Sakit di Daerah Panggul

Jika di bagian panggul Anda merasakan nyeri saat bercinta, jangan anggap hal ini biasa. Kondisi ini dapat disebabkan karena penetrasi yang dalam saat berhubungan intim atau juga dapat disebabkan oleh infeksi di daerah tuba falopi, rahim, ovarium atau leher rahim.

Infeksi di area panggul wanita ini disebut Pelvic Inflammatory Disease (PID). Jika Anda merasa tidak nyaman, segera cek ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

 

Pada umumnya, rasa sakit saat berhubungan intim timbul akibat area kewanitaan yang kurang bersih, sehingga bakteri dan jamur dapat melekat dengan mudahnya.

Jangan remehkan rasa sakit di zona intim wanita. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan saat bermesraan, jangan takut untuk membicarakan hal tersebut kepada pasangan anda.

Pasangan patut tahu apa yang Anda rasakan. Jika rasa sakit saat berhubungan intim tak kunjung berhenti, segera konsultasikan ke dokter.

An owl who likes coffee, movies and humanity.