Pasangan Menuduh Anda Selingkuh? Ini Cara Mengatasinya

Saat Anda datang terlambat di acara kencan semalam, tiba-tiba pasangan curiga dan menuduh Anda selingkuh. Anda pun jadi gelagapan karena tak percaya kalau pacar menuduh selingkuh. Ia tidak tahu kalau Anda terlambat justru karena sedang menyiapkan kado spesial untuknya.

pacar nuduh kita selingkuh

YA, kasus di atas hanyalah contoh klasik belaka. Namun coba acungkan tangan, siapa yang pernah mengalami kejadian serupa di atas? Tiba-tiba entah karena alasan apa, pasangan curiga dan menuduh Anda menduakan dirinya.

Lalu, apa yang Anda lakukan saat pacar menuduh selingkuh? Apakah Anda langsung mati-matian menyangkalnya dan membela diri? Well, reaksi semacam ini ternyata bukanlah yang terbaik. Meski Anda mungkin tak melakukan apa yang dituduhkan pujaan hati, namun ingatlah kalau perselingkuhan bukanlah masalah sepele yang mudah diatasi.

“Perselingkuhan dan segala konsekuensinya merupakan salah satu momen paling menghancurkan dalam sebuah hubungan. Perselingkuhan membuat dunia seseorang jungkir balik. Ia mulai melihat hubungan yang selama ini dijalaninya sebagai suatu kebohongan belaka,” demikian penjelasan Melinda Carver selaku pakar hubungan. Tak heran ya, kalau mereka yang pernah dikhianati kemudian berubah menjadi pacar posesif bagi pasangannya.

Hal lainnya adalah, Anda juga perlu mengerti bahwa pasangan mungkin sedang dalam keadaan emosional saat mengutarakannya. Jadi penting bagi Anda untuk memberikan tanggapan dengan benar. Bagaimanakah caranya?

1. Kenali dulu penyebabnya, mengapa ia sampai tega menuduh Anda berselingkuh

Siapa tahu selama ini Anda tanpa sadar sudah memberikan sinyal khusus yang ternyata disalahpahami pasangan.

“Salah satu sinyal yang bisa membuat pacar salah paham dan menuduh Anda selingkuh adalah ketika sikap Anda tiba-tiba berubah. Kebanyakan pria atau wanita merasa nyaman dengan hubungan jangka panjang yang sudah ada. Jadi ketika itu berubah, maka mereka akan berpikir bahwa ada sesuatu yang mungkin sedang terjadi. Salah satunya adalah kemungkinan terjadinya perselingkuhan,” ujar Melinda.

Pemicu lainnya adalah ponsel. Apakah Anda tiba-tiba selalu lengket dengan ponsel belakangan ini? Belum lagi, pasangan kemudian mendapati kalau seluruh sejarah telepon dan pesan Anda hapus begitu saja. Ini bisa membuat ia curiga dan tak aman karena Anda tampaknya sedang menyembunyikan sesuatu.

Ada baiknya bila terjadi sesuatu yang membuat Anda berubah, segera jelaskan itu padanya agar ia tak salah paham.

Baca juga: Waspadai 8 Lokasi Favorit Pria untuk Selingkuh

2. Cari tahu akar permasalahannya

Apakah masalah ini timbul hanya karena salah paham, ataukah penyebabnya lebih dalam dari itu, yakni ia memang tidak percaya pada Anda?

Cobalah untuk mendalami akar permasalahannya, apakah pacar hanya merasa tak aman dan terluka sehingga menuduhkan yang bukan-bukan? Ya, mungkin belakangan ada sesuatu yang terjadi dalam hidupnya atau dalam hubungan Anda berdua, yang membuat pasangan merasa terabaikan atau marah.

Ataukah, pada dasarnya ia benar-benar tidak pernah mempercayai Anda? Begitu Anda tahu apa yang menjadi akar permasalahan sebenarnya, maka segera temukan solusinya dan dibicarakan baik-baik.

3. Sadari kalau hal ini juga bisa jadi cerminan soal dirinya

Pernah mendengar istilah ‘maling teriak maling’? Saat pacar menuduh Anda berselingkuh, bisa jadi bahwa dirinyalah yang melakukannya. Tuduhan itu diberikannya pada Anda sebagai cara untuk putus atau mencari gara-gara. Namun karena ia tak ingin dianggap buruk, maka ia pun melemparkan tuduhan pada Anda.

Baca juga: 3 Alasan Sebenarnya Wanita Selingkuh

 

Entah mana dari ketiga hal di atas yang menjadi penyebabnya, Anda perlu tetap tenang agar bisa berpikir jernih. Yang paling penting adalah bicarakan masalah ini secara baik-baik. Tanyakan padanya, alasan apa yang membuat ia berpikir kalau Anda selingkuh, dan dari sana, telusuri lebih lanjut jalan keluarnya. Semoga berhasil!

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.