Oligomenorrhoea

Perawatan Oligomenorrhoea

Perawatan oligomenorrhoea yang tepat tergantung dari apa penyebabnya, derajat gangguan menstruasi yang terjadi, dan komplikasi yang ditimbulkan pada sistem tubuh penderita.

Perubahan kadar keseimbangan hormon estrogen dan progesteron bisa memengaruhi siklus menstruasi pada perempuan yang sedang dalam masa pubertas dan perempuan yang mendekati menopause sehingga kepada perempuan dalam kategori tersebut tidak memerlukan perawatan khusus.

Perawatan oligomenorrhoea yang disebabkan oleh faktor ketidakseimbangan hormon, penyakit tiroid, atau tumor bisa dilakukan antara lain dengan terapi hormon, pengobatan, atau tindakan operasi.

Mengganti jenis kontrasepsi

Jika pasien mengalami gangguan menstruasi selama 3 bulan setelah menggunakan kontrasepsi baik dalam bentuk pil, suntik, implan maupun IUD, maka dokter akan merekomendasikan untuk mengganti jenis kontrasepsi yang lebih cocok untuk pasien. Sebelum menggunakan kontrasepsi, pasien disarankan untuk bertanya lebih jauh tentang efek samping dan cara kerja  masing-masing jenis kontrasepsi.

Mengubah gaya hidup

Beberapa gaya hidup dapat menyebabkan oligomenorrhoea seperti berolahraga terlalu berat dengan intenstas latihan yang berlebihan atau pola makan terlalu sedikit dan kurang asupan nutrisi. Ikuti pola hidup yang seimbang antara pekerjaan, rekreasi dan istirahat. Kendalikan pengaruh stres dan masalah lain dalam hidup, jika Anda perlu bantuan dari orang lain jangan ragu untuk memintanya.

Terapi hormon

Jika yang dialami pasien oligomenorrhoea disebabkan oleh gangguan hormon, maka dokter akan memberikan resep terapi hormonal oral namun sebelumnya harus dilakukan tes laboratorium terlebih dahulu untuk meminimalisir efek samping dan komplikasi yang mungkin terjadi.

Operasi

Tindakan operasi perlu dilakukan jika penyebab oligomenorrhoea adalah kelainan anatomi struktur organ reproduksi atau penghambatan saluran reproduksi.