Oligomenorrhoea

Pencegahan Oligomenorrhoea

Pencegahan oligomenorrhoea bisa dimulai semenjak dini pada perempuan yang sudah remaja maupun belum memasuki pubertas.

Perempuan mengalami masa menstruasi pertama (menarche)pada umur yang berbeda-beda. Namun jika pada umur lebih dari 17 tahun belum mendapat menstruasi pertama, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar diperiksakan kondisi dan kesehatan organ reproduksinya.

Pencegahan oligomenorrhoea juga dapat dilakukan dengan memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan atau obstetri dan ginekologi jika merasakan tanda-tanda oligomenorrhoea. Dokter spesialis akan melakukan pemeriksaan fisik, tes laboratorium, tes hormon dan tes imaging jika diperlukan.

Masalah oligomenorrhoea bisa ditangani dan dicegah dengan pemberian obat hormonal atau operasi jika terdapat kelainan struktur anatomi yang mengakibatkan penyumbatan pada saluran reproduksi.

Menyeimbangkan gaya hidup juga dapat mencegah oligomenorrhoea. Pastikan asupan nutrisi cukup, serta kurangi kegiatan fisik yang terlalu berat untuk menjaga metabolisme tubuh supaya hormon tetap seimbang. Jaga rasio lemak tubuh dengan berat badan untuk menjaga siklus menstruasi yang teratur.