Ngantuk Setelah Makan Siang? Ini Alasannya!

Pernahkah Anda terkantuk-kantuk setelah selesai makan siang? Mungkin Anda sendiri pernah bertanya-tanya apa sebabnya. Apakah ini sebuah gejala penyakit kronis? Tenang saja, rasa kantuk yang menyerang bisa jadi adalah ritme sirkadian yang sedikit menurun secara alami.

NORMAL jika setelah makan siang ngantuk, beberapa orang mengira bahwa rasa kantuk itu merupakan efek dari apa yang mereka makan. Secara khusus, beberapa orang mempercayai bahwa ada perubahan signifikan pada aliran darah dari otak ke perut atau saluran pencernaan untuk membantu proses pencernaan. Walau teori tersebut terdengar masuk akal, akan tetapi sebenarnya bukan seperti itu.

Jika memang benar perasaan ngantuk setelah makan siang karena ada perubahan aliran darah, seharusnya kita juga mengantuk setelah sarapan atau makan malam. Ada pula yang berpendapat bahwa rasa kantuk diakibatkan oleh elemen yang ada pada makanan yang kita konsumsi.  Hormon melatonin dipercayai menyebabkan ngantuk setelah makan siang namun level melatonin pada makanan jumlahnya terlalu kecil untuk dapat menimbulkan efek rasa ngantuk.

Faktanya adalah, rasa kantuk tidak ada hubungannya dengan makanan dan lebih disebabkan oleh hal lain. Rasa kantuk yang timbul setelah makan siang disebabkan oleh timing alamiah seseorang dari peningkatan kecenderungan terhadap tidur.

Terdapat dua fenomena yang berkontribusi pada rasa kantuk yang muncul, yaitu dorongan tidur homeostatis dan ritme sirkadian. Dorongan tidur disebabkan oleh akumulasi zat kimiawi secara bertahap yang ada pada otak, zat ini disebut adenosin. Semakin lama seseorang terjaga, semakin banyak adenosin yang terakumulasi dan memicu peningkatan keinginan untuk tidur. Biasanya level adenosin mencapai puncaknya pada waktu malam hari, namun bisa juga terjadi pada waktu siang.

Proses lain yang juga berkaitan dengan rasa kantuk secara tidak langsung adalah ritme sirkadian. Ritme sirkadian sebenarnya adalah pola dari sinyal untuk kewaspadaan. Pola ini meningkat sepanjang hari untuk membuat seseorang tetap terjaga, namun memberikan efek berlawanan pada otak karena semakin meningkatkan level adenosin. Ada waktu dimana ritme sirkadian ini menurun pada sekitar 7 sampai 9 jam sejak kita bangun. Ketika sinyal kewaspadaan ini menurun, rasa kantuk pun muncul dan membuat kita ingin tidur.

Walaupun mengantuk setelah makan siang dapat dijelaskan secara ilmiah, namun ada kalanya kita merasa kantuk yang teramat berat. Jika kita kekurangan tidur malam, makan siang ngantuk tentunya akan semakin terasa. Mengatasi ngantuk setelah makan siang bisa dilakukan dengan mendapat tidur yang cukup pada malam hari. Perhatikan jika Anda kemungkinan memiliki masalah gangguan tidur seperti apnea tidur obstruktif. Jika Anda memiliki masalah gangguan tidur tentu saja rasa kantuk di siang hari dapat bertambah parah.

Cara lain mengatasi ngantuk setelah makan siang adalah dengan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh. Anda juga bisa tidur selama 10 menit sampai 20 menit, namun sebaiknya lakukan di saat waktu istirahat. Tetapi jika Anda melawan rasa kantuk yang menerpa, rasa kantuk ini akan lewat dan Anda akan merasa lebih segar atau lebih terjaga lagi selama beberapa jam.

Selain hal di atas, Anda bisa lebih menjaga pola makan yang lebih sehat dengan makanan rendah garam dan gula. Selain jaga pula pola tidur malam yang cukup agar pekerjaan Anda tidak terganggu.

Ice cream lover. Knows everything about movies. Knows a little about everything else.