Muira Puama, Tanaman Herbal Peningkat Vitalitas Pria

Muira puama adalah tanaman yang dapat membantu masalah seksual pada pria. Kenali manfaat tanaman herbal muira puama sebagai solusi permasalahan seksual Anda.

muira puama adalah

MUIRA puama adalah sejenis pohon yang akar dan batangnya dapat digunakan untuk keperluan medis. Penggunaan tanaman herbal muira puama ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan rakyat Brasil. Sering disebut juga sebagai afrodisiak alami, tanaman herbal muira puama dianggap bisa mengobati disfungsi seksual baik pada pria maupun wanita.

Manfaat Muira Puama

Muira puama adalah tanaman yang dapat bertindak sebagai obat alami untuk masalah kesehatan seperti berikut ini: depresi, disfungsi ereksi, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, keluhan menstruasi, sindrom pra-menstruasi, dan sakit perut.

Muira puama juga dapat digunakan sebagai adaptogen (yaitu zat yang diperkirakan dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap efek negatif dari stres kronis). Selain itu, muira puama konon dipercaya untuk mengobati hilangnya libido. Serta dikatakan bermanfaat untuk melindungi dari masalah ingatan terkait penuaan juga.

Dengan kata lain, muira puama dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan Anda.

Meskipun saat ini tidak ada uji klinis yang menguji efek kesehatan dari muira puama, beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa ramuan ini dapat memberikan manfaat tertentu. Berikut adalah beberapa temuan manfaat muira puama dari penelitian tersebut:

1)  Kesehatan Otak

Beberapa studi pendahuluan telah menunjukkan bahwa muira puama menunjukkan khasiat dalam pengobatan penurunan fungsi terkait penuaan. Misalnya dalam sebuah penelitian berbasis tikus yang diterbitkan di Phytomedicine pada tahun 2007, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa yang ditemukan di muira puama dapat membantu melindungi kesehatan otak.

Senyawa tersebut bekerja dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif (sebuah proses destruktif yang terkait dengan penurunan kognitif terkait penuaan). Selain itu, ada juga beberapa bukti yang menyebutkan bahwa muira puama dapat membantu meningkatkan daya ingat.

2)  Disfungsi Ereksi

Dalam sebuah penelitian berbasis tikus yang diterbitkan dalam jurnal Andrology pada tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa pengobatan dengan kombinasi muira puama, jahe, L-citrulline (asam amino), dan guarana dapat membantu melindungi dari disfungsi ereksi terkait penuaan. Penelitian tersebut mengokohkan pandangan tradisional bahwa muira puama dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi.

3)  Libido

Ramuan kombinasi muira puama dan ginkgo biloba dikatakan dapat membantu mengobati disfungsi seksual pada wanita sehat, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Advances in Therapy pada tahun 2000.

Penelitian tersebut melibatkan 202 wanita sehat yang mengeluhkan dorongan seks rendah atau lemah syahwat, kemudian diobati dengan formulasi herbal yang mengandung muira puama dan ginkgo biloba selama satu bulan. Pada akhir masa pengobatan, kuesioner yang diisi oleh para peserta menunjukkan bahwa racikan ramuan herbal tersebut menyebabkan perbaikan faktor-faktor seperti frekuensi hasrat seksual dan kepuasan dengan kehidupan seks mereka.

4)  Depresi

Ekstrak muira puama dikatakan mungkin memiliki efek seperti antidepresan. Menurut sebuah penelitian berbasis tikus yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research pada tahun 2009, muira puama ditemukan memiliki efek yang sama dengan antidepresan.

Baca juga: Ejakulasi Dini Bisa Diatasi dengan 6 Metode Psikologis Ini

5)  Stres

Sebuah studi terdahulu yang dipublikasikan di Phytomedicine pada tahun 2010 menunjukkan bahwa muira puama dapat melawan efek berbahaya dari stres yang berkepanjangan. Dalam tes pada tikus, penulis penelitian tersebut mengamati bahwa muira puama memiliki kemungkinan sifat seperti adaptogen.

Efek Samping & Keamanan

Karena kurangnya penelitian yang dilakukan, hanya sedikit informasi yang diketahui tentang keamanan penggunaan muira puama dalam jangka panjang. Namun, ada beberapa kekhawatiran bahwa penggunaan muira puama bisa memicu terjadinya masalah tidur seperti insomnia.

Juga ada beberapa kekhawatiran bahwa penggunaan muira puama dapat menghambat aktivitas enzim yang disebut cholinesterase, yang dikhawatirkan sewaktu-waktu meningkatkan risiko kehilangan koordinasi otot.

Perlu juga Anda ingat bahwa mengobati diri sendiri dalam kondisi kronis dengan muira puama dan menghindari atau menunda perawatan standar mungkin mengakibatkan konsekuensi serius. Hindari hal tersebut dengan selalu berkonsultasi ke dokter Anda, semata-mata demi keamanan dan kesehatan pribadi Anda dalam penggunaan muira puama atau mengatasi masalah seksual.

Di Mana Bisa Mendapatkannya?

Anda bisa mendapatkan suplemen yang mengandung muira puama di banyak toko herbal dan toko lain yang mengkhususkan diri pada produk kesehatan herbal. Suplemen muira puama kini juga banyak tersedia secara online.

%d bloggers like this: