Mioma Uteri

Pencegahan Mioma Uteri

Pencegahan mioma uteri dapat dilakukan dengan menjalani pola hidup yang sehat. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan bernutrisi. Kurangi asupan alkohol atau daging merah, dan sebaliknya, perbanyaklah makan sayur serta buah-buahan.

Berat badan sebaiknya juga dijaga tetap normal karena wanita yang mengalami obesitas memiliki peluang lebih besar terkena mioma uteri.

Check up kesehatan secara rutin termasuk di bagian organ reproduksi juga dapat menjadi langkah pencegahan mioma uteri. Setiap wanita juga diimbau untuk selalu menjaga kebersihan celana dalam dan organ intim agar tak sampai terkena infeksi jamur.

Penggunaan KB hormonal progestin terbukti dapat menghambat esterogen yang lebih lanjut dapat menghambat pertumbuhan mioma.

Dan bagi Anda yang sudah menikah, melahirkan anak ternyata dapat menjadi salah satu cara mencegah membesarnya miom. Hal ini dikarenakan terjadi penutupan pembuluh darah saat uterus mengecil setelah persalinan, sehingga mioma uteri tidak mendapat pasokan makanan dari pembuluh darah yang tertutup tersebut.