Minyak Kelapa Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Tips Sehat

Dewasa ini, minyak kelapa bisa dijumpai di mana-mana. Selain dimanfaatkan untuk keperluan memasak, minyak kelapa juga sering digunakan untuk membuat produk perawatan rambut dan kulit. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui bahwa manfaat lain dari minyak kelapa juga untuk menurunkan berat badan.

manfaat minyak kelapa untuk diet

MINYAK kelapa bisa Anda manfaatkan untuk membuat menu diet sehat. Meskipun sama-sama terbuat dari kelapa, minyak kelapa berbeda dengan minyak goreng kelapa sawit.

Kandungan Asam Lemak yang Rendah

Perlu Anda ketahui bahwa minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak bebas yang lebih rendah. Tentu saja hal ini akan memengaruhi metabolisme tubuh. Singkatnya, asam lemak yang terdapat di dalam kelapa lebih cepat dibakar oleh tubuh Anda dibanding asam lemak yang terkandung dalam minyak goreng biasa.

Satu sendok makan minyak kelapa mengandung 117 kalori dan 13,6 gram lemak. Meskipun kandungan kalori dalam minyak kelapa cukup tinggi, tetapi minyak ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme, menghasilkan lebih banyak energi, membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, dan meningkatkan fungsi tiroid.

Baca juga: 6 Cara Diet Sehat dengan Clean-Eating

Menekan Rasa Lapar Lebih Lama

Tips diet alami dengan minyak kelapa ini cukup sehat dan minim efek samping. Kemampuan minyak kelapa untuk menekan rasa lapar ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang dengan mengonsumsi satu sendok makan minyak kelapa setiap pagi. Selain memberikan rasa kenyang yang lebih lama, minyak kelapa juga dapat menekan nafsu makan Anda.

Jika Anda ingin mengurangi porsi makan setiap hari, cobalah untuk mengonsumsi satu sendok minyak kelapa 20 menit sebelum makan. Meskipun Anda sudah mengonsumsi minyak kelapa untuk menekan nafsu makan, tetapi bukan berarti Anda tidak makan sama sekali, ya. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian Anda.

Olah Makanan dengan Minyak Kelapa

Selain dikonsumsi sebelum makan, ganti minyak goreng yang biasa Anda pakai dengan minyak kelapa untuk membuat menu diet sehat. Pada saat menjalani diet menurunkan berat badan dengan mengonsumsi minyak kelapa, Anda pun harus mengimbangi dengan konsumsi makanan rendah lemak.

Ketika Anda ingin membuat tumisan dengan minyak kelapa, Anda bisa memilih sayur-sayuran atau jamur sebagai menu tumisan Anda. Usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi, mengingat minyak kelapa juga sudah mengandung lemak.

Baca juga: Mau Cepat Langsing? Coba Diet GM

 

Tertarik untuk melakukan tips diet alami dengan mengonsumsi minyak kelapa? Jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan penyimpanan lemak, antara lemak yang dikonsumsi dan yang dibakar menjadi energi, agar tidak terjadi penumpukan lemak.

Diet dengan minyak kelapa cukup aman untuk jangka pendek. Namun, bila Anda ingin melakukannya dalam jangka panjang, maka Anda harus selalu merencanakan pola makan sehat secara keseluruhan dan berolahraga secara teratur.

A day dreamer and a night thinker.