Miliki 10 Hal Ini Agar Hubungan Anda dan Si Dia Makin Kuat!

Anda yang ingin langgeng dengan pasangan sebaiknya mengetahui apa saja ciri hubungan kuat itu. Tidak cukup hanya cinta saja sebagai pembentuk hubungan yang kuat dan indah, masih ada banyak hal lain yang mesti diperhatikan.

ciri hubungan kuat

TAK usah jauh-jauh, saat melihat kehidupan rumah tangga para artis ataupun teman-teman sekitar, kita mungkin menemukan beberapa fakta:

  • Beberapa sudah menikah lama, namun akhirnya bercerai juga.
  • Lainnya sudah berpacaran lama, namun setelah menikah beberapa bulan, rumah tangga mereka langsung kandas.
  • Ada juga yang berpacaran entah lama atau sebentar, dan hubungannya tetap harmonis hingga sekarang.

Kalau ditanya nih, hubungan mana yang paling Anda idamkan, maka jawabnya pastilah yang ke-3. Setiap orang pasti ingin hubungan cinta yang dijalinnya langgeng, bahagia, dan berakhir hingga maut memisahkan. Namun untuk mewujudkan hal itu bukanlah perkara mudah, dibutuhkan kerjasama kedua belah pihak karena tak ada yang namanya faktor keberuntungan dalam hal percintaan.

Namun kalau Anda ingin terus langgeng dengan si Dia, maka pastikan kalau 10 faktor pembentuk hubungan yang kuat dan indah berikut ini ada dalam hubungan Anda berdua:

1. Persahabatan

Jadikan pasangan sebagai sahabat terbaik kalau ingin hubungan langgeng. Hubungan pria dan wanita yang hanya dilandasi faktor asmara atau nafsu belaka umumnya takkan langgeng. Sebab, begitu daya tarik pasangan hilang, maka tak ada lagi alasan untuk tetap bersama.

Lain halnya dengan persahabatan yang membuat hubungan percintaan lebih kuat dan langgeng karena di dalamnya ada kebiasaan berbagi suka maupun duka, dan sikap saling menerima apa adanya.

2. Saling menghargai

Walau pasangan mungkin tak menuntut penghargaan secara gamblang, namun saling menunjukkan penghargaan merupakan ciri hubungan kuat berikutnya. Setiap orang pasti ingin dihargai, apakah itu seleranya, pendapatnya, kepercayaannya, prinsipnya, kebutuhannya, dan lain-lain. Anda juga begitu, kan?

3. Kasih sayang

Hanya karena momen bulan madu sudah berakhir, bukan berarti kalau Anda tak perlu lagi menunjukkan rasa sayang atau romantisme pada pasangan. Yang namanya kasih sayang tetap dibutuhkan siapa saja, baik secara verbal dalam bentuk kata-kata, maupun lewat tindakan nyata. Jadi kalau Anda memang sangat menyayangi pasangan, jangan segan menunjukkannya.

4. Kerjasama

Lucunya, beberapa pasangan seringkali lupa kalau mereka ada di pihak yang sama. Lupa akan hal sepele semacam ini bisa menempatkan pasangan dalam persaingan yang berujung pada kehancuran hubungan. Mereka ini adalah pasangan yang biasanya selalu meributkan tentang “siapa yang benar, siapa yang salah, siapa yang menang, siapa yang kalah”.

Padahal kalau pasangan mau saling bahu-membahu dan menutupi kelemahan masing-masing (bukan tambah mengumbarnya apalagi di depan umum), maka hubungan bisa kuat dan tak terpisahkan.

Baca juga: Lakukan 8 Hal Ini dengan Pasangan Sebelum Tidur Agar Tetap Mesra!

5. Kejujuran

Sedikit saja nila bisa merusak susu sebelanga,” kata pepatah, begitu pula dengan kebohongan kecil bagi sebuah hubungan. Saat seseorang berbohong entah karena apapun alasannya, maka sudah cukup untuk menggoyahkan kepercayaan pasangannya. Dan hubungan mereka bisa jadi takkan pernah sama lagi seperti sebelumnya. Guna mencegahnya, buat komitmen dengan pasangan untuk saling jujur, tak peduli seberapa menyakitkannya hal itu.

6. Keintiman

Keintiman di sini bukan hanya soal seks belaka (walau ini memang penting), namun juga apakah ada pengertian mendalam antara Anda dan pasangan atau tidak.

7. Bersenang-senang

Ciri hubungan kuat berikutnya ditandai dengan adanya unsur bersenang-senang di dalamnya. Tak bisa disangkal kalau manusia itu mudah bosan. Oleh karenanya, kalau hubungan yang dijalani begitu-begitu saja, monoton, tidak kreatif, bahkan hambar, maka tinggal tunggu waktu untuk bilang “selamat tinggal”.

Sebaliknya hubungan yang dibuat fun/menyenangkan bisa membuat pribadi yang terlibat di dalamnya betah berlama-lama. Jadi, tetap pertahankan selera humor dan janganlah terlalu serius.

Walau humor yang dilontarkan pasangan terasa garing, tetaplah tertawa, atau buat itu menjadi lebih lucu lagi agar Anda berdua sama-sama tertawa bahagia. Lagipula dengan begitu, ia jadi merasa dihargai, kan?

8. Dukungan

Siapa lagi yang Anda harapkan untuk mendukung kalau bukan keluarga ataupun pasangan? Adanya dukungan adalah ciri hubungan kuat yang bisa membuat pasangan merasa aman karena ia yakin kalau Anda ada di pihaknya.

9. Cinta tanpa syarat

Yang namanya cinta sejati takkan memandang body, umur, penampilan, ataupun hal lainnya. Cinta sejati akan mencintai tanpa syarat, bukan karena apa yang sudah diberikan atau dilakukan pasangan, tetapi karena siapa dirinya. Jika tak ada cinta tanpa syarat seperti ini, maka saat badai persoalan melanda, hubungan dapat dipastikan akan kandas.

Baca juga: Hubungan Pernikahan Terasa Renggang? Selamatkan dengan 3 Langkah Ini

10. Kepercayaan

Walau 9 hal di atas tadi sudah ada dalam hubungan saat ini, namun tanpa kepercayaan, maka jalinan kasih yang sudah dibangun selama ini akan tetap dapat kandas. Tak ada hubungan yang bisa bertahan tanpa adanya kepercayaan. Sedikit saja keraguan sudah bisa merusak keharmonisan komunikasi dalam sebuah hubungan.

Lalu bagaimana caranya supaya 10 hal tadi bukan hanya Anda yang melakukannya, namun pasangan juga? Caranya cuma 1, komunikasikanlah dengan pasangan. Buat komitmen, keputusan, dan kesepakatan, bahwa Anda berdua akan sama-sama melakukannya. Dan bila ada salah satu pihak yang mungkin lalai dan gagal sekali waktu, buka hati untuk memaafkan. Karena pepatah bijak mengatakan,”pernikahan adalah persatuan 2 orang pemaaf” ~ Ruth Graham.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.