Merasa Hamil? Coba Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini

Tips Sehat

Bagi wanita yang sedang menunda untuk mempunyai anak, tanda-tanda hamil seperti telat haid atau mual memang bisa membuat ia yakin kalau dirinya sedang hamil. Padahal tanda-tanda hamil tersebut bisa saja muncul akibat kondisi medis lainnya.

ciri ciri hamil

SEBELUM buru-buru menyimpulkan kalau upaya pencegahan kehamilan Anda gagal, coba simak dulu 9 pertanyaan krusial berikut. Dengan menjawab tiap pertanyaan di bawah ini, sedikit-banyak Anda pasti bisa mengidentifikasi apakah tanda-tanda hamil itu memang karena Anda sedang positif hamil, ataukah ada penyebab lain di balik munculnya gejala tersebut.

1. Apakah Anda sudah/sering berhubungan intim dengan pasangan?

Pertanyaan ini memang sepele. Namun kalau jawabnya adalah “ya”, dan Anda pernah lalai (walau hanya sekali saja) sehingga lupa menggunakan pengaman, maka mungkin mual yang Anda rasakan selama ini adalah tanda awal kehamilan sebelum telat haid.

2. Apakah Anda sudah haid?

Kalau Anda telat atau bahkan tidak haid sama sekali bulan ini, padahal biasanya siklus menstruasi selalu normal, maka besar kemungkinan ini merupakan tanda pasti hamil. Untuk memastikannya lagi, Anda hanya perlu melakukan tes kehamilan, entah melalui test pack atau dengan memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Tips Menggunakan Test Pack untuk Hasil Akurat

3. Apakah haidnya tepat waktu?

Dan bila Anda ternyata masih mengalami datang bulan, apakah itu sudah berlangsung sesuai jadwal biasanya? Bila siklus haid berlangsung lebih awal dari biasanya, maka darah yang keluar bisa jadi bukan karena Anda sedang menstruasi.

Bisa-bisa bercak darah itu diakibatkan adanya embrio yang menempel pada dinding rahim. Alternatif lain dari munculnya bercak darah tersebut adalah karena terjadi keguguran di awal masa kehamilan.

4. Apakah siklus haid normal?

Pertanyaan yang harus dijawab selanjutnya soal siklus haid adalah, apakah volume darah yang keluar normal seperti biasanya? Kalau hanya bercak biasa, maka bisa jadi itu tanda pasti hamil karena ada embrio yang sedang menempel di dinding rahim.

Sebaliknya, bila volume darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, maka ini bisa mengindikasikan adanya masalah plasenta di awal kehamilan. Banyaknya darah yang keluar juga bisa menandakan gangguan lain seperti keguguran atau kehamilan anembryonic (tidak ada embrio).

5. Apakah Anda menggunakan alat kontrol kehamilan?

Anda mungkin menjawab “pasti dong,” untuk pertanyaan ke-5 ini. Tapi coba jawab juga pertanyaan selanjutnya.

6. Apakah penggunaannya sudah benar?

Menggunakan alat kontrol kehamilan saja takkan cukup bisa mencegah Anda positif hamil kalau cara penggunaannya salah. Contoh, apakah Anda minum pil KB secara rutin setiap hari di jam yang sama? Kalau tidak, maka Anda tetap bisa kecolongan karena pil KB yang tidak dikonsumsi teratur takkan berfaedah apa-apa.

Selain itu, apakah Anda pernah sekali saja lupa memakai kondom? Kalau ya, maka bisa jadi itulah yang mungkin menyebabkan Anda merasa hamil saat ini.

Baca juga: Lupa Minum Pil KB? Lakukan Langkah Ini

7. Apakah ada hal lain yang mungkin membuat efek alat kontrasepsi gagal?

Katakanlah, Anda sudah minum pil KB dengan teratur selama ini, namun apakah belakangan Anda juga minum antibiotik? Perlu diketahui, obat-obatan tertentu seperti antibiotik ternyata mampu menggagalkan khasiat pil KB, bila keduanya dikonsumsi dalam waktu bersamaan.

Sama halnya dengan kondom yang dipakai. Jika Anda mendapati kondom robek atau lubang sedikit saja, maka hal itu dapat meningkatkan risiko kehamilan.

8. Apakah Anda sedang dalam masa ovulasi?

Jika ya, maka risiko kehamilan pada masa ini lebih besar dibanding waktu-waktu lainnya.

9. Dan yang terakhir, apakah Anda mengalami gejala kehamilan?

Ada banyak gejala kehamilan yang bisa ditenggarai selain telat haid atau mual, yaitu mudah lelah hingga melunaknya tekstur payudara. Namun kalaupun Anda tak mengalami gejala yang disebutkan di atas, bukan berarti Anda pasti tidak hamil.

 

Daripada terus-menerus galau dan penasaran, lakukan saja tes kehamilan untuk memastikannya. Dan bila Anda memang terbukti hamil, maka terimalah itu dengan sukacita karena tak semua perempuan seberuntung Anda.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.

%d bloggers like this: