Menorrhagia

Perawatan Menorrhagia

Perawatan menorrhagia dimulai ketika seorang wanita menyadari bahwa ia mengalami kondisi menorrhagia dimana wanita tersebut mengalami pendarahan lebih banyak saat menstruasi. Wanita yang mengalami menorrhagia bisa mencoba melakukan perawatan sederhana untuk meredakan pendarahan.

Bagi wanita yang mengalami menorrhagia, berikut adalah beberapa perawatan awal sederhana yang bisa dilakukan sebelum berkunjung ke dokter:

  • Ganti pembalut biasa dengan menstrual cup

Menstrual cup adalah alat pengganti pembalut atau tampon yang bisa dipakai wanita saat menstruasi. Alat yang berbentuk cangkir kecil ini dapat menampung pendarahan 3 kali lebih banyak dibanding pembalut biasa. Tentu saja, alat ini sangat bermanfaat bagi wanita yang mengalami menorrhagia dan harus berganti pembalut selama beberapa kali dalam waktu satu jam.

  • Kurangi minuman dingin atau es

Sudah menjadi rahasia umum jika wanita yang sedang haid tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman dingin atau es. Pasalnya, minuman dingin memang dapat menghentikan kontraksi rahim sehingga pendarahan pun berkurang. Namun, frekuensi pendarahan yang berkurang ini bisa disebabkan oleh pembekuan darah di dalam rahim. Kondisi ini membuat rahim menjadi kurang bersih dan menimbulkan rasa kram.

  • Kurangi aktivitas berat

Selama menjalani perawatan menorrhagia, usahakan untuk mengurangi aktivitas berat yang melelahkan. Pasalnya, selama mengalami menorrhagia, akan terjadi pendarahan berat sehingga menyebabkan kekurangan darah. Aktivitas yang berat dan kondisi tubuh yang kekurangan darah dapat membuat kondisi stamina tubuh Anda semakin menurun dan dapat kehilangan kesadaran sewaktu-waktu.

  • Berusaha lebih santai

Pendarahan menorrhagia dapat disebabkan oleh stres. Oleh karena itu, sangat penting bagi pasien menorrhagia untuk dapat mengendalikan stres. Usahakan untuk lebih santai dan melakukan hal-hal yang menyenangkan agar tidak terjadi stres pikiran. Bila Anda harus berolahraga, pilih olahraga yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, seperti yoga.

Perawatan menorrhagia ini sebaiknya mulai dilakukan saat hari ke-1 sampai ke-2 dalam periode menstruasi, ketika siklus pendarahan berat terjadi dalam siklus menstruasi. Namun, bila pendarahan terjadi dalam waktu lebih dari 5 hari dan tidak ada tanda-tanda berkurang, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.