Menorrhagia

Pencegahan Menorrhagia

Setiap penyakit tentu memiliki langkah-langkah pencegahan yang bisa diambil sebelum penyakit tersebut muncul. Namun, adakah langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari menorrhagia? Sayangnya, tidak ada pencegahan menorrhagia yang bisa dilakukan bagi wanita yang belum pernah terkena gangguan menstruasi ini. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah agar kondisi menorrhagia yang terjadi tidak makin parah kedepannya.

Setiap wanita berisiko mengalami menorrhagia. Remaja perempuan yang baru saja mendapatkan haid pertama (menarche) berisiko tinggi mengalami menorrhagia. Karena di masa ini, remaja akan mengalami sikus anovulasi, yaitu siklus dimana menstruasi dan banyaknya pendarahan yang keluar jadi tidak teratur. Fase ini biasanya terjadi  mulai dari tahun pertama sampai dengan pertengahan tahun kedua setelah haid pertama.

Di samping itu, wanita yang mendekati masa menopause juga rentan terhadap menorrhagia. Memasuki usia 40 sampai 50 tahun, wanita mengalami perubahan hormonal yang cukup drastis dan bisa menyebabkan anovulasi.

Meskipun tidak ada langkah pencegahan menorrhagia, tetapi Anda tidak perlu khawatir mengingat penyakit ini masih bisa diobati. Apabila Anda adalah salah satu pasien menorrhagia, sebaiknya kurangi aktivitas padat yang membuat tubuh mudah lelah dan stres. Sebaiknya, konsumsi beberapa jenis herbal alami yang dapat mencegah menorrhagia bertambah parah, seperti:

  • Kayu manis

Seduhan kayu manis dengan air hangat dapat mengurangi pendarahan hebat akibat menorrhagia. Rasa dan aroma dari teh kayu manis ini juga bisa meredakan rasa kram akibat gangguan menstruasi ini. Tambahkan madu untuk memperoleh rasa yang lebih nikmat.

  • Jahe

Sudah menjadi rahasia umum jika jahe adalah tumbuhan alami yang dapat meredakan masalah perut, termasuk kram yang disebabkan oleh menorrhagia. Lakukan pencegahan menorrhagia agar tidak bertambah parah dengan mengonsumsi air rebusan jahe yang masih hangat. Jangan menambahkan gula atau susu karena dapat mengurangi khasiat jahe. Sebagai gantinya, Anda dapat menambahkan madu murni.

  • Marigold

Bunga berwarna jingga ini dapat menjadi bahan alami untuk mencegah menorrhagia bertambah parah. Seduhan air hangat dengan bunga marigold dapat mengurangi pendarahan yang disebabkan oleh menorrhagia secara bertahap.

Kesimpulannya, tidak ada cara pasti dan 100% dapat mencegah terjadinya menorrhagia. Menorrhagia karena gangguan menstruasi ini bisa dialami oleh siapa saja. Namun, Anda bisa mengurangi tingkat keparahan dan komplikasi dari menorrhagia dengan tidak melakukan hal-hal yang memicu faktor penyebab menorrhagia, misalnya mengurangi stres dan aktivitas yang terlalu padat.