Menopause

Perawatan Menopause

Menopause dapat membuat wanita menjadi gelisah dan frustasi. Bahkan, seorang wanita yang berada pada periode terakhir siklus menstruasinya akan mengalami beberapa gejala. Gejala tersebut dapat berupa kenaikan atau penurunan berat badan, kerontokan rambut, dan kerapuhan kuku. Namun, Anda tak perlu khawatir karena setiap wanita pasti akan mengalami menopause pada waktunya. Anda hanya perlu melakukan perawatan menopause agar fisik Anda menjadi lebih siap untuk menyambut masa menopause tersebut.

  • Diet sehat untuk mengurangi kerontokan rambut

Menopause dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pasalnya, ketika wanita mengalami menopause, maka kadar hormon wanita mengalami penurunan dan hormon pria, seperti androgen, akan meningkat. Peningkatan hormon pria dapat merusak folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan. Wanita yang menopause dapat melakukan diet dan meningkatkan asupan Vitamin B, C, dan zat besi. Diet ini akan membantu untuk mengurangi kerontokan rambut secara alami. Mengonsumsi asupan vitamin serta zat besi sebaiknya dengan anjuran dokter.

  • Berhenti merokok

Ketika wanita mengalami menopause, maka risiko osteoporosis yang menyebabkan patah tulang jadi meningkat. Kebiasaan merokok hanya akan memperburuk kondisi tulang rapuh Anda. Di samping itu, kebiasaan merokok akan mempercepat proses kulit menjadi keriput setelah menopause.

  • Mengurangi konsumsi alkohol

Salah satu gejala menopause adalah hot flashes. Ini adalah kondisi di mana seseorang merasa suhu tubuh meningkat dan jadi lebih berkeringat. Konsumsi alkohol hanya akan membuat suhu tubuh jadi lebih panas. Oleh karena itu, para wanita menopause dapat mengganti minuman beralkohol dengan jus buah segar atau teh yang tidak mengandung kafein.

  • Lebih sering berolahraga

Wanita yang sudah mengalami menopause akan lebih cepat menjadi gemuk. Kenaikan berat badan ini juga disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon estrogen. Perawatan menopause untuk menghindari kenaikan berat badan adalah dengan lebih sering berolahraga. Anda dapat melakukan yoga, berenang, aerobik, atau apa pun jenis olahraga pilihan Anda untuk menjaga berat badan tetap normal.

  • Gunakan pelembab atau pelumas vagina

Menopause bukan suatu alasan untuk berhenti beraktivitas seksual dengan pasangan. Walaupun salah satu gejala menopause adalah kekeringan di area vagina yang membuat wanita merasa sakit saat berhubungan intim, tetapi hal tersebut bukan sebuah penghalang untuk tetap aktif berhubungan seks dengan pasangan. Wanita menopause dapat menggunakan pelembab khusus atau pelumas vagina agar hubungan intim tidak lagi terasa menyakitkan.
Dengan melakukan sejumlah perawatan menopause ini, maka menopause bukan lagi suatu hal yang harus ditakuti. Wanita menopause tetap dapat hidup dengan normal dan memiliki hubungan yang intim bersama pasangannya.