Menopause

Penyebab Menopause

Penyebab menopause dapat berasal dari faktor alamiah maupun medis. Setiap wanita yang mendapatkan siklus haid pasti akan mengalami menopause. Namun, waktu menopause setiap wanita tentu saja berbeda-beda, tergantung kesehatan fisik dan riwayat medis mereka.

Berikut ini adalah beberapa penyebab menopause secara alami atau yang disebabkan oleh faktor tertentu:

  • Penurunan hormon reproduksi secara alami. Saat wanita memasuki usia 40 tahun, ovarium akan mulai memproduksi lebih sedikit estrogen dan progesteron. Jika kedua hormon yang mengatur menstruasi tersebut menurun, maka kesuburan Anda juga akan menurun.
  • Genetika. Tidak ada alasan medis yang benar-benar menjelaskan alasan wanita mengalami menopause dini. Namun, menopause dini bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Ibu dari wanita yang mengalami menopause dini mungkin saja juga mendapatkan menopause lebih cepat dari waktu normal.
  • Histerektomi. Wanita yang melakukan histerektomi (pengangkatan rahim) tanpa mengangkat ovarium tidak akan mengalami menopause secara langsung. Ovarium masih melepaskan sel telur dan memproduksi estrogen dan progesteron. Akan tetapi, operasi pengangkatan kedua uterus dan ovarium mengakibatkan menopause segera terjadi.
  • Faktor gaya hidup. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan efek anti-estrogen yang berkontribusi pada menopause dini. Menurut beberapa penelitian, perokok cenderung akan mengalami menopause lebih cepat.
  • Kemoterapi dan terapi radiasi. Terapi kanker dapat menyebabkan menopause yang disertai dengan gejala hot flashes. Namun, kemoterapi tidak menyebabkan wanita menopause secara permanen asalkan fungsi ovariumnya masih baik.
  • Penyakit autoimun. Penyakit autoimun, seperti tiroid dan rheumatoid arthritis, merupakan salah satu penyebab wanita mengalami menopause dini. Penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di dalam tubuh sehingga menimbulkan peradangan. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas indung telur dan siklus menstruasi wanita.

Sebagian besar wanita sehat mengalami menopause secara alami. Namun, jika Anda mengalami menopause dini, maka bisa disebabkan karena salah satu penyebab menopause di atas. Untuk mengetahui penyebab menopause dini secara detail, sebaiknya konsultasikan masalah Anda ke dokter.