Menopause

Pengertian Menopause

Pengertian menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi yang dialami wanita akibat menurunnya fungsi organ ovarium. Menopause terjadi 12 bulan setelah periode menstruasi terakhir. Selama periode menstruasi terakhir, yakni 12 bulan tersebut, wanita akan mengalami gejala-gejala menopause. Adapun gejala menopause antara lain siklus menstruasi menjadi tidak teratur, hot flashes, kekeringan pada vagina, kerontokan rambut, dan lain-lain.

Menopause adalah hal yang umum terjadi pada wanita. Pada umumnya, wanita akan mengalami menopause pada usia 40 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa menopause akan terjadi lebih lambat atau lebih cepat. Pengertian menopause yang terjadi lebih cepat adalah menopause dini. Wanita yang mengalami menopause dini bisa disebabkan karena riwayat medis sebelumnya, kondisi fisik, dan hormon yang tidak seimbang.

Menopause merupakan suatu hal yang tidak bisa dicegah karena wanita pasti akan mengalaminya. Namun, wanita yang mengalami menopause tetap dapat melakukan sejumlah perawatan untuk mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan kala siklus menstruasi berhenti.

Ketika seorang wanita mengalami menopause, maka kesuburan wanita pun menjadi hilang. Itulah sebabnya mengapa wanita yang sudah menopause tidak dapat hamil. Namun, kondisi fisik wanita tetap sehat yang tentu saja dengan cara menjaga pola hidup sehat. Meskipun wanita mengalami gejala menopause yang berupa kekeringan pada vagina, tetapi para wanita dapat menyiasati hal ini dengan menggunakan pelembab atau pelumas pada vagina agar hubungan seksual dengan pasangan tidak terasa menyakitkan.