Mata Lelah? Ini Penyebabnya!

Tips Sehat

Sudah tidur selama 7-8 jam, tetapi mata, kok, tetap terasa lelah ya? Mata lelah tidak selalu disebabkan karena mengantuk atau kurang tidur. Ternyata, ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab mata lelah.

KETEGANGAN atau kelelahan pada bagian mata bisa menimbulkan beberapa gejala yang cukup mengganggu, misalnya kepala pusing dan perut terasa mual. Lantas, apa sebenarnya penyebab mata lelah? Apa kondisi ini tidak berbahaya jika dibiarkan begitu saja? Yuk, temukan jawaban Anda di sini!

Kelelahan pada silia

Sebagian orang belum mengetahui apa itu silia. Silia merupakan otot fokus yang terdapat di dalam mata. Mata bisa menjadi lelah apabila dipaksa terus bekerja. Pasalnya, silia juga akan meningkatkan kontraksi pada saat kedua mata Anda dipakai untuk mengamati suatu hal.

Kelelahan di bagian otot esktraokuler

Perlu Anda ketahui bahwa otot ekstraokuler sebenarnya terdapat di dalam mata, dimana setiap mata memiliki 6 otot ekstraokuler. Otot ini akan bekerja lebih keras ketika mata berfokus pada objek yang dekat. Singkatnya, bila Anda menggunakan mata untuk menatap ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan, maka otot ekstraokuler akan bekerja lebih ekstra dan membuat mata merasa sangat lelah.

Terlalu sering beraktivitas di depan layar komputer

Sebuah studi memaparkan bahwa mata berkedip setiap 18 detik sekali. Akan tetapi, pada saat kedua mata Anda menatap layar komputer maupun layar perangkat digital lainnya, mata akan berkedip setiap 30 detik sekali. Hal inilah yang membuat mata menjadi mudah lelah. Ditambah lagi cahaya dari perangkat digital yang Anda gunakan juga dapat memberikan efek lelah pada kedua mata Anda.

Kepekaan terhadap cahaya

Pernahkah Anda mengalami mata lelah dan kepala pusing setelah Anda baru saja melihat cahaya yang sangat terang. Bahkan, efek ini terjadi selama beberapa hari. Apabila Anda sering mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda memeriksakan mata Anda ke dokter. Pasalnya, kornea Anda mata terlalu sensitif saat harus melihat cahaya yang sangat menyilaukan. Kelelahan mata yang disebabkan karena cahaya ini juga bisa membuat mata Anda terasa nyeri.

Membaca dalam jangka waktu lama

Penyebab mata lelah tidak hanya disebabkan karena penggunaan gadget atau perangkat digital dalam jangka waktu lama, lho. Pasalnya, aktivitas membaca buku, koran, atau majalah dalam jangka waktu lama juga bisa membuat mata menjadi lelah.

Bacalah buku maupun media lainnya dalam waktu yang tidak berlebihan. Bila mata Anda sudah merasa capek, segeralah untuk berhenti dan melakukan aktivitas lain yang tidak mengharuskan Anda untuk berkonsentrasi penuh pada suatu objek. Faktor lain yang dapat menyebabkan mata lelah saat membaca adalah warna buku, posisi baca, dan pencahayaan yang kurang bagus.

Pola makan yang kurang baik

Setiap orang tentu memiliki kondisi mata yang berbeda-beda. Ada seseorang yang memiliki mata yang cukup kuat untuk menatap perangkat digital atau membaca selama sepanjang hari, tapi ada juga orang yang cepat merasa lelah meskipun baru membaca selama beberapa menit.

Apapun kondisi mata yang Anda miliki, usahakan untuk menganut pola makan yang baik dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata. Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, Vitamin B12, Vitamin D, dan Vitamin K.

 

Itulah beberapa penyebab mata lelah. Untuk menghindari mata lelah, Anda hanya perlu melakukan hal-hal yang sederhana, seperti membatasi penggunaan perangkat digital dan tidak terlalu memforsir mata untuk berfokus pada suatu objek dalam waktu yang lama.

A day dreamer and a night thinker.