Lupa Minum Pil KB, Mungkinkah Hamil?

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi paling favorit di Indonesia. Selain karena harganya terjangkau, pil KB juga sangat mudah diperoleh di apotek terdekat. Sayangnya, kontrasepsi pencegah kehamilan ini harus dikonsumsi secara rutin setiap hari. Hal ini terkadang membuat para wanita lupa mengonsumsi pil KB tersebut. Apakah lupa minum pil KB bisa membuat wanita langsung hamil?

lupa minum pil kb

APABILA Anda lupa minum pil KB di saat yang tidak tepat, maka risiko kehamilan akan meningkat. Namun, itu bukan berarti Anda langsung hamil setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Sederhananya, setiap kali Anda lupa atau terlambat mengonsumsi pil KB secara teratur, maka risiko kehamilan semakin tinggi. Jika Anda melewatkan pil KB lebih dari satu kali dalam setiap siklus, maka sangat mungkin bagi wanita untuk hamil.

Bagaimana cara kerja pil KB?

Untuk mencegah kehamilan, Anda harus rutin mengonsumsi Pil KB tanpa melewatkannya satu hari saja. Pil KB adalah kontrasepsi oral yang bekerja dengan cara memberi asupan hormon untuk menekan ovulasi.

Saat seorang wanita mengonsumsi pil KB secara teratur dan tidak pernah melewatkannya sekali pun, maka tubuh wanita tersebut memiliki persediaan hormon yang cukup untuk mencegah ovulasi.

Pil KB umumnya dikemas dengan hitungan hari agar konsumen lebih mudah mengingatnya. Satu kemasan pil KB berisi 28 pil, di mana 21 pil tersebut mengandung hormon dan 7 pil lainnya adalah pil salut gula yang tidak mengandung hormon. Tujuh pil salut gula tetap dikonsumsi agar konsumen lebih disiplin dalam mengonsumsi pil KB secara teratur.

Mengapa pil KB tidak bekerja?

Terkadang, pil KB juga menimbulkan efek samping yang nampak seperti ciri kehamilan. Adapun efek samping pil KB adalah mual, muntah, dan diare.

Jika Anda mengalami efek samping tersebut sesaat setelah mengonsumsi pil KB, maka kontrasepsi oral yang Anda konsumsi tersebut belum diserap oleh tubuh. Akibatnya, Anda menjadi lebih mudah hamil.

Konsumsi antibiotik bersamaan dengan pil KB juga dapat mengurangi keefektifan kontrasepsi ini. Alhasil, Anda harus menggunakan alat kontrasepsi lain untuk mencegah kehamilan, baik itu kondom, spiral, dan masih banyak lagi.

Perhatikan juga jarak konsumsi satu pil KB dengan pil lainnya. Jaraknya antara kedua pil tidak boleh lebih dari 24 jam. Bila Anda mengonsumsi pil KB lebih dari 24 jam setelah Anda mengonsumsi pil sebelumnya, maka risiko kehamilan pun lebih besar.

Apa yang harus dilakukan jika lupa minum pil KB?

Segera konsumsi pil KB sesaat setelah Anda ingat. Jika Anda melewatkan satu hari tanpa mengonsumsi pil KB, Anda boleh menggandakan dosisnya pada hari berikutnya. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau bidan Anda. Gunakan metode penunda kehamilan lainnya untuk mengurangi risiko kehamilan.

Baca juga: Lupa Minum Pil KB? Lakukan Langkah Ini

A day dreamer and a night thinker.