Lupa Minum Pil KB? Lakukan Langkah Ini

“Oh tidak, aku lupa minum pil KB lagi hari ini.” Apa yang akan Anda lakukan kalau hal ini sampai terjadi? Dan apakah efek samping pil KB yang terlewat?

SAAT ini terjadi, ada baiknya Anda tetap tenang. Anda hanya perlu mengikuti beberapa instruksi berikut, untuk jaga-jaga kalau Anda lupa minum pil KB lagi.

Namun sebelum sampai ke poin tersebut, ada baiknya Anda memahami betul mengapa pil KB harus dikonsumsi rutin setiap hari. Alasan utamanya adalah konsumsi pil KB di waktu yang sama setiap harinya dapat menurunkan risiko kehamilan secara drastis.

Namun bila lupa atau tidak tepat waktu sekali saja, maka akan timbul efek samping pil KB yang terlewat, yaitu meningkatnya kemungkinan hamil. Hal ini disebabkan tingkat keefektifan alat kontrasepsi jenis ini jadi menurun hingga 91%. Ya, tidak tepatnya waktu konsumsi membuat hormon dalam tubuh kurang kuat untuk menghalangi terjadinya ovulasi.

Lantas, bagaimana kalau lupa minum pil KB? Coba temukan solusinya dengan membaca petunjuk yang tertera pada kemasan jenis KB yang dipilih. Di samping itu, Anda juga dapat mengikuti panduan berikut.

Bagi pengguna pil KB kombinasi monophasic (1 pil mengandung estrogen dan progestin)

Lupa 1 hari

Kalau Anda hanya melewatkan 1 hari saja, misalnya kemarin pukul 12 siang, maka langsung minum begitu Anda mengingatnya. Katakanlah, Anda baru ingat hari ini pukul 10 pagi, maka untuk hari selanjutnya, waktu minum pil adalah setiap jam 10 pagi.

Tapi, kalau Anda baru ingat pukul 12 siang, maka Anda boleh minum 2 butir sekaligus khusus hari itu, untuk menebus kelalaian kemarin. Walau mungkin risiko kehamilan masih rendah, namun tak ada salahnya menggunakan alat kontrasepsi tambahan untuk seminggu berikutnya.

Lalai 2 hari berturut-turut

Jika Anda melupakan konsumsi pil KB 2 hari berturut-turut, maka segera konsumsi 2 pil begitu mengingatnya, dan 2 pil lagi pada keesokan harinya. Anda tak perlu buru-buru panik kalau muncul bercak darah. Yang perlu dilakukan hanyalah menggunakan jenis KB lain sebagai pengaman, hingga siklus haid berikutnya.

Bagaimana jika lupa minum 3 pil atau lebih?

Solusinya tetap sama, gunakan jenis KB lain sebagai pengaman. Beberapa ahli beranggapan wanita yang lupa minum pil 3 kali berturut-turut takkan mengalami ovulasi, namun Anda tetap perlu ekstra hati-hati.

Bila hal ini sampai terjadi, maka Anda bisa:

  • Mengonsumsi pil (paket baru) mulai hari Minggu berikutnya, bahkan kalau timbul bercak darah. Anda juga tetap perlu melanjutkan penggunaan alat kontrasepsi tambahan selama 14 hari sejak konsumsi pil hitungan baru dimulai.
  • Mengonsumsi 2 pil sekaligus selama 3 hari berturut-turut agar kondisi kembali normal (sambil tetap menggunakan alat kontrol kehamilan tambahan).
  • Memilih menghentikan sisa pil, membuangnya, dan memulai lagi dengan yang baru.

Bagi pengguna pil KB jenis progestin

Pil KB progestin biasanya tak mengandung estrogen, dan karena itu, waktu konsumsinya harus lebih diperhatikan ketimbang pil kombinasi. Alasannya, pil mini ini bekerja maksimal hanya kalau Anda mengonsumsinya secara rutin pada jam yang sama setiap harinya.

  • Kalau Anda terlambat lebih dari 3 jam, maka segera minum begitu ingat. Keesokan harinya, minumlah pil progestin di waktu yang sama seperti jadwal sebelumnya. Dan selama 2 hari ke depan, gunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom. Anda tak perlu menggunakan kondom kalau waktu lupa minumnya masih kurang dari 3 jam.
  • Bila lupa sama sekali pada hari ini dan baru ingat besok harinya, maka Anda harus menggunakan alat kontrasepsi tambahan selama 1 minggu ke depan. Segera konsumsi pil yang kelupaan tadi, dan untuk ke depannya, tetaplah berpegang pada waktu minum biasanya.

Untuk pengguna pil KB kombinasi Biphasic

Umumnya, pil KB Biphasic mengandung jumlah estrogen yang sama setiap harinya, namun kadar progestinnya dapat meningkat hingga 50% selama diminum.

  • Lupa minum sekali pada minggu ke 1-3, maka segera konsumsi pil tersebut setelah ingat, dan tetap lanjutkan pil berikutnya sesuai jadwal minum yang ada. Dalam hal ini, Anda boleh minum 2 pil. Dan untuk pencegahan kehamilan, tak ada salahnya untuk menggunakan alat kontrasepsi tambahan (walau tidak harus).
  • alau yang dilupakan adalah 2 pil pada minggu pertama dan kedua, maka segera konsumsi 2 pil begitu ingat, dan 2 pil lagi keesokan harinya. Setelah itu, lanjutkan minum 1 pil per hari hingga habis. Anda juga perlu menggunakan alat kontrasepsi tambahan selama seminggu ke depan.
  • Kalau 2 pil tadi justru lupa diminum pada minggu ke-3 atau Anda lalai minum 3 pil KB berturut-turut (di minggu manapun), lanjutkan dengan mengonsumsi 1 pil setiap hari hingga hari Minggu tiba. Pada hari Minggu, segera buang sisa pil yang ada, dan mulailah dengan kemasan baru. Pastikan untuk tetap menggunakan bantuan alat kontrol kehamilan lain.

Bagi pengguna pil KB Triphasic

Pil KB Triphasic memiliki 3 dosis hormon yang berbeda, jadi kombinasinya akan berubah setiap 7 hari sekali. Tergantung dari mereknya, jumlah estrogen dalam pil KB Triphasic akan berubah-ubah seperti kadar progestinnya.

Lalai mengonsumsi rutin pil KB Triphasic jelas lebih sulit diatasi ketimbang jenis pil sebelumnya yang telah kita bahas. Pasalnya, lupa sekali saja (terutama pada minggu pertama dan ketiga) dapat membuat pil tidak efektif.

  • Kalau Anda lupa minum 1 pil selama minggu ke-1 hingga ke-3, maka segera minum begitu mengingatnya yakni pada jam yang seharusnya. Ini berarti jatah hari itu adalah 2 pil sekaligus. Dalam hal ini Anda tak perlu menggunakan kondom bila ingin berhubungan intim.
  • Bila lupa minum 2 pil berturut-turut pada minggu ke-1 atau 2, maka konsumsi 2 pil sekaligus di hari Anda mengingatnya, dan 2 pil pula pada keesokan harinya. Setelah itu, konsumsi 1 pil sehari hingga habis. Pada kondisi ini, kemungkinan hamil lebih besar, khususnya dalam 7 hari setelah lalai minum. Karenanya, gunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom, spermicide, atau sponge.
  • Misalkan, kelalaian mengonsumsi 2 pil terjadi di minggu ke-3, maka kalau Anda mulai hari biasa, buang sisa pil dan mulailah kemasan baru di hari yang sama. Namun bila Anda memulai pada hari Minggu, tetap konsumsi 1 pil setiap hari hingga hari Minggu. Setelah itu, buang sisa pil dan mulailah kemasan baru pada hari itu juga.
    Dan karena risiko kehamilan meningkat selama seminggu ke depan, tetap gunakan alat kontrasepsi tambahan (begitu Anda mulai dengan pil kemasan baru). Di samping itu, Anda mungkin takkan mengalami haid di bulan tersebut, namun jangan khawatir karena kondisi ini masih normal. Anda disarankan menghubungi dokter kalau siklus haid berhenti 2 bulan berturut-turut.

Lupa minum pil selama minggu ke-4

Kebanyakan pil KB kombinasi dilengkapi plasebo – pil yang tak mengandung hormon apapun. Periode konsumsinya sangat bervariasi tergantung dari merek pil KB yang Anda pakai, namun biasanya pada minggu ke-4 untuk jenis kombinasi atau selama minggu ke-13. Kalau Anda lupa minum pada waktu-waktu ini, maka Anda tak perlu khawatir. Anda cukup meminumnya langsung begitu ingat.

Bagaimana supaya tidak lupa lagi?

Walau Anda dapat mengonsumsinya pada pagi, siang, atau malam hari, namun beberapa wanita merasa lebih memilih pagi hari karena kondisi fisik serta pikiran yang masih fresh (sehingga mereka tidak lupa).

Alternatif lain adalah dengan menggunakan aplikasi kontrol kehamilan atau alarm khusus sebagai pengingat. Anda juga perlu meletakkan pil di tempat yang mudah dilihat sehingga tak sampai lupa.

Dan meski tak mengapa kalau mengonsumsi 2 butir pil sekaligus, namun mungkin lambung akan merasakan efek sampingnya seperti mual, sakit, bahkan muntah.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.