Lemah Syahwat

Perawatan Lemah Syahwat

Perawatan lemah syahwat yang paling menunjukkan hasil yang signifikan dapat dilakukan lewat konseling, baik konseling seksual maupun psikologis. Konseling awalnya dilakukan pasangan menikah untuk mengatasi lemah syahwat lebih mengarah kepada perbaikan hubungan di luar seksual terlebih dahulu, yaitu terhadap hubungan personal Anda dengan pasangan. Bila konseling telah berhasil memperbaiki hubungan nonseksual, barulah konseling diarahkan ke hubungan seksual.

Untuk perawatan lemah syahwat, konseling mula-mula yang biasanya dilakukan ialah latihan untuk meningkatkan komunikasi yang baik antar Anda dengan pasangan. Latihan komunikasi ini termasuk melatih pasangan untuk menunjukkan afeksi dan simpati terhadap satu sama lain. Pasangan diajarkan pula bagaimana cara menghormati perasaan dan sudut pandang pasangannya, mengatasi perbedaan, serta menunjukkan kemarahan dengan cara yang positif.

Sementara itu, konseling yang mengarah kepada perbaikan hubungan seksual akan membahas hal-hal, seperti cara membagi waktu dan energi untuk aktivitas seksual, mengenali cara-cara menarik untuk mendekati pasangan, serta cara menolak ajakan seksual secara halus tanpa perlu melukai perasaan pasangan.

Anda juga dapat membuat permohonan untuk melakukan konseling seorang diri bila lemah syahwat yang Anda derita bukan disebabkan oleh hubungan berpasangan Anda. Penderita lemah syahwat karena trauma atau pengalaman seksual yang buruk adalah yang biasanya membutuhkan hal ini.