Lemah Syahwat

Penyebab Lemah Syahwat

Secara garis besar lemah syahwat dibagi kepada 3 jenis :

  • Lemah syahwat yang berlangsung sepanjang hidup penderita. Kondisi dimana dari awal masa pubertas si penderita tidak pernah memiliki gairah untuk melakukan hubungan seksual. Penyebab pasti pada kategori ini masih belum ditemukan dan masih dilakukan beberapa penelitian lebih lanjut.
  • Lemah syahwat situasional. Pada kategori ini penderita sebelumnya tidak pernah mengalami gangguan ini atau kondisi lemah syahwat timbul pada pasangan seksual penderita tapi penderita masih dapat merasakan rangsangan seksual melalui masturbasi. Pada kategori ini penyebab yang sering ditemukan lebih kepada masalah psikologis.
  • Lemah syahwat umum. Penyebab pada kategori ini diantaranya adalah penyakit sistemik pada organ lain, gangguan psikiatri, atau ketidakseimbangan hormonal.

Penyebab lemah syahwat yang paling sering didapatkan adalah adanya penyakit sistemik lainnya yang mendasarinya. Namun tak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini dipicu oleh persoalan emosional atau kondisi gangguan psikis dalam sebuah hubungan. Konflik dalam suatu hubungan, salah satu pihak yang terlalu mengatur, sikap kepada pasangan yang buruk, minimnya kepercayaan diri dan terhadap pasangan, sikap defensif, merasa selalu dikritik, dan tidak adanya waktu yang cukup untuk diri sendiri adalah beberapa kondisi psikis yang dapat memicu kondisi lemah syahwat.

Orang yang menderita pengalaman buruk terkait aktivitas seksual di masa kecilnya juga lebih berisiko mengalami gangguan lemah syahwat. Pemerkosaan dan pelecehan seksual adalah contoh pengalaman buruk aktivitas seksual di masa lalu penderita yang dapat meningkatkan risiko terjadinya lemah syahwat.

Di luar faktor mental, penyebab lemah syahwat lainnya  adalah proses senggama yang menyakitkan, ketidakmampuan ejakulasi, kehamilan, perubahan hormon yang mendadak dan menetap, kelelahan, dan rendahnya kadar hormon testosteron dalam darah. Selain itu, lemah syahwat juga dapat disebabkan oleh penyakit kronis yang diderita seseorang.  Penyakit kanker, jantung koroner, dan diabetes dapat menjadi penyebab menurunkan keinginan seseorang untuk melakukan aktivitas seksual. Pada wanita, rendahnya keinginan melakukan hubungan seksual sangat dipengaruhi oleh kondisi medis yang pernah dialaminya seperti operasi pada daerah vagina dan payudara. Kondisi lemah syahwat dapat diatasi dengan adanya dukungan dari pasangan.