Latihan Kardio Terbaik Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Berolahraga tidak harus selalu dilakukan di pusat kebugaran. Anda juga bisa melakukan latihan sendiri di rumah. Salah satu olahraga favorit yang biasa dilakukan di rumah adalah kardio.

SELAIN lebih hemat, latihan kardio juga diklaim efektif untuk menurunkan berat badan atau sekedar menjaga kebugaran tubuh. Apa saja jenis latihan kardio untuk menurunkan berat badan? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Jumping jacks

Yang satu ini adalah latihan kardio untuk mengecilkan paha dan lengan. Jumping jack dilakukan dengan membuka kaki lebar-lebar, lalu Anda harus melompat sambil memutar-mutar lengan. Latihan yang satu ini dapat membakar 100 kalori dalam waktu 10 menit.

Tak ada peralatan khusus atau keterampilan yang diperlukan. Semua orang bisa mencoba latihan jumping jacks dan Anda bisa mengombinasikannya dengan latihan lain, seperti jumping rope atau jogging.

Jump rope

Siapa yang tak kenal dengan olahraga satu ini? Lompat tali merupakan permainan sekaligus olahraga yang paling sering dilakukan di rumah. Untuk melakukan latihan ini Anda memerlukan tali dengan pegangan di kedua ujungnya. Tak perlu keahlian khusus untuk melakukan olahraga ini, setiap orang bisa mencobanya.

Latihan kardio ini dapat membakar 220 kalori hanya dalam waktu 20 menit saja. Semakin banyak dan cepat Anda membuat lompatan, maka semakin banyak jumlah kalori yang terbakar.

Jogging in place

Jogging in place atau lari di tempat adalah jenis latihan kardio termudah. Anak-anak hingga orang dewasa bisa melakukan latihan kardio untuk menurunkan berat badan ini.

Latihan sederhana ini sangat baik untuk melatih jantung dan pernapasan. Namun, usahakan untuk menggunakan sepatu olahraga yang nyaman agar olahraga Anda ini tidak menimbulkan cedera.

Burpees

burpees itu ap

Banyak orang yang mengira bahwa burpees adalah jenis kardio yang cukup sulit. Namun, apabila Anda berkenan untuk mencobanya secara perlahan, maka olahraga ini tidak akan menjadi beban bagi Anda.

Burpees adalah latihan kardio yang diawali dengan berdiri, lalu berjongkok dengan posisi squat, kemudian ubah posisi kick feet back dan lakukan push-up, kembali ke posisi squat, dan akhiri dengan berdiri kembali.

Latihan kardio ini harus dilakukan dengan gerakan yang cepat agar kalori yang terbakar semakin banyak. Dalam waktu 10 menit saja, ada 100 kalori yang terbakar jika Anda melakukan latihan burpees.

Baca juga: Latihan Olahraga 10 Menit Agar Si Sibuk Tetap Bugar

Mountain climbers

Pernahkah Anda melihat orang-orang yang mendaki gunung? Posisi para pendaki gunung tersebut bisa menjadi latihan kardio untuk mengecilkan perut. Mountain climbers adalah kardio yang bisa melatih denyut jantung dan kekuatan tangan.

Untuk melakukan latihan ini, Anda harus mengambil posisi push-up, lalu berjalan dengan posisi lutut di luar. Lakukan latihan ini di lantai yang datar dan tumpukan tubuh pada kedua lengan Anda.

Squat jumps

Satu lagi jenis kardio yang terbukti efektif membakar kalori, yakni squat jumps. Latihan ini akan meningkatkan denyut jantung dan melatih kekuatan kedua kaki Anda.

Cara melakukan squat jumps adalah dengan mengambil posisi jongkok, lalu melompatlah setinggi-tingginya dan kembali lagi pada posisi jongkok (squat). Akan tetapi, untuk melakukan latihan ini tubuh Anda harus memiliki sendi yang kuat dan gunakan sepatu olahraga untuk melindungi kaki dari cedera.

Staircase exercise

Manfaatkan tangga di rumah Anda untuk melakukan latihan kardio ini. Staircase exercise adalah latihan yang membutuhkan media tangga permanen di rumah Anda. Pertama, Anda hanya perlu naik turun tangga sebanyak mungkin. Kemudian, Anda bisa mengombinasikan kardio ini dengan mountain climbers dengan mengambil posisi seperti hendak mendaki tangga.

Itulah latihan kardio untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk memiliki tubuh yang lebih bugar, Anda tidak harus membuang banyak uang untuk menjadi anggota di pusat kebugaran, lho.

A day dreamer and a night thinker.

%d bloggers like this: