Ladies, Ini 9 Tanda Si Dia Belum Serius Menikah!

Salah satu tanda keseriusan pria terhadap suatu hubungan seringkali dikaitkan dengan apakah ia siap menikah atau tidak. Dan faktanya, banyak wanita tak mengetahui apa saja ciri pria serius menikah itu.

ciri pria serius menikah

PRIA itu sebenarnya tak serumit wanita. Saat mereka suka, mereka akan menunjukkannya, begitu pula sebaliknya. Soal perasaan misalnya, boleh dibilang pria bukanlah kaum yang suka berbasa-basi. Tak ada istilah ‘lain di bibir, lain di hati’ dalam kamus mereka. Dan sekalipun seorang pria termasuk tipe pemalu, ia pasti akan tetap menunjukkan ketertarikannya melalui bahasa tubuh yang nyata.

Permasalahannya sekarang, Anda sudah berpacaran lama dengannya. Jangankan keluarga, teman-teman bahkan sudah sering mempertanyakan “kapan nikah?”. Walau pertanyaan itu mungkin membuat jengkel, namun diam-diam dalam hati, Anda mungkin juga ikut memikirkannya.

Daripada galau dan penasaran terus-menerus, ada baiknya kita simak sekarang 9 tanda yang menyatakan kalau ia (sayangnya) belum siap menikah. Ini dia:

1. Dia enggan menghadiri undangan pesta pernikahan, bahkan menganggap itu sebagai gangguan.

Bila seorang pria tidak takut menikah, ia takkan menghindari yang namanya undangan pesta pernikahan. Bahkan kalau ia benar-benar serius, ia pasti akan mengajak Anda untuk menemaninya menghadiri undangan pesta tersebut. Tapi kalau ia bersikap sebaliknya, maka bisa jadi salah satu alasannya adalah karena ia belum siap menikah dan takut ‘ditagih’ menikahi Anda nantinya.

2. Dia tidak membicarakan soal pernikahan sama sekali.

Apakah dia langsung mengganti topik pembicaraan ketika Anda mulai membahas soal pernikahan? Jika ya, maka besar kemungkinan pernikahan tidak ada dalam agendanya dalam waktu dekat ini.

Anda juga bisa menguji ciri pria serius menikah dengan memerhatikan reaksinya saat Anda sedang mendiskusikan pernikahan atau anak-anak dengan orang lain. Apakah ia langsung membahas hal lain (tidak siap), ataukah justru ia mengatakan hal semacam:”ketika aku menikah nanti..” (yes, dia siap).

3. Dia tidak mempunyai rencana

Apa jawabnya saat ditanya soal rencananya 6 bulan ke depan? Apakah ia bisa menjawabnya dengan gamblang (misalnya “hidup denganmu, sayang” atau sejenisnya), ataukah ia justru tidak ingin ‘memikirkannya’ sekarang?

Jika jawabannya adalah yang pertama, maka tak usah diragukan lagi. Ia sudah menunjukkan tanda keseriusan pria. Namun kalau sebaliknya, besar kemungkinan ia memang belum berencana untuk melepas masa lajangnya.

Baca juga: Menurut Sains, Ini Usia Ideal untuk Menikah

4. Dia selalu membuat alasan

Seperti yang disebutkan tadi, pria itu makhluk sederhana. Jadi ketika mereka menginginkan sesuatu, Anda pasti akan tahu soal itu. Tapi bila ia terus saja membuat alasan mengenai mengapa ia tak kunjung melamar, maka sekarang mungkin saatnya untuk move on dan mencari pria lain yang lebih serius.

Faktanya, kalau seorang pria benar-benar serius, ia takkan mencari alasan untuk menunda-nunda. Ia pasti ingin memiliki Anda secara sah dengan segera.

5. Dia bilang: “aku bahagia dengan keadaanku yang sekarang ini.”

Jenis perkataan lain yang bernada sama adalah “aku tak ingin merusak hubungan kita yang sudah berjalan baik seperti sekarang ini.”

Saat mendengarnya, Anda tak perlu lagi konsultasi ke sana ke mari hanya untuk menebak apa arti perkataannya tersebut. Sebab kalau ia sampai mengatakan hal semacam itu, maka itu tandanya ia belum ada minat untuk melangkah ke jenjang yang lebih jauh.

6. Dia suka mengenang keindahan masa lalu

Sebenarnya, tak ada salahnya sekali-kali bernostalgia dan mengingat kembali indahnya masa lalu. Namun kalau ia acapkali membicarakannya, maka besar kemungkinan ia merindukan hari-hari membahagiakan itu. Dan ini bisa jadi pertanda kalau ia mungkin sedang tidak bahagia saat ini, ketika Anda di sisinya.

Ia mungkin merindukan kebebasannya saat bisa keluyuran dan begadang bersama teman-temannya ketika kuliah dulu, atau hal semacam itulah. Ya, kalau ini yang terjadi, berarti Anda harus berlapang dada sebab kekasih pujaan memang belum siap untuk mengemban komitmen dan tanggung jawab yang lebih besar dalam pernikahan.

7. Dia tidak menaruh minat pada masa depan Anda

Anda mungkin sudah punya bayangan indah tentang apa yang akan terjadi 5 tahun ke depan: ingin bisa punya rumah, anak, dan hidup bahagia bersama dirinya. Namun saat menyampaikan hal itu, reaksinya biasa saja bahkan terkesan tidak tertarik. Jika tak ada antusiasme dalam dirinya untuk mendengar impian masa depan Anda, maka sepertinya dia memang tidak benar-benar serius.

8. Semua temannya juga lajang

Ciri pria serius menikah berikutnya juga bisa ditilik dari pergaulannya. Coba amati, apakah temannya kebanyakan sudah menikah atau belum? Kalau teman-teman dekatnya mayoritas para single yang bahagia dan belum ada yang menikah, maka itu tandanya ia juga sama-sama ‘lamban’ soal pernikahan.

Baca juga: 3 Alasan Generasi Milenial Tidak Buru-buru Menikah

9. Dia tidak menyebutkan soal rencana berkeluarga

Dalam otak pria, berkeluarga sebenarnya hal wajar yang akan terjadi suatu hari nanti setelah ia menikah di waktu yang tepat. Namun kalau ia tidak pernah menyebutkan topik ini sama sekali selama menjalin hubungan dengan Anda, maka bisa jadi ia belum ingin menikah.

Kini setelah mengetahui tanda-tandanya, maka keputusan kembali pada Anda. Apakah Anda bersedia membuang tahun-tahun berharga menunggu si Dia yang entah kapan siap nikahnya, ataukah sebaliknya? Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda.

Sow good seed for you don't know which sowing will succeed, this, or that, or if both will do well.