Kutu Kemaluan

Pengobatan Kutu Kemaluan

Pengobatan kutu kemaluan umumnya dilakukan dengan mengaplikasikan obat jenis insektisida untuk membasmi kutu dan telur-telurnya. Jenis insektisida yang umumnya dipakai dalam pengobatan kutu kemaluan adalah malation, permetrin, pirethrin, atau piperonil butoksida.

Beberapa obat kutu kemaluan dapat ditemukan di apotek dan bisa dibeli bebas tanpa resep dokter. Tapi kalau obat di apotek tidak bisa membunuh kutu, maka segera temui dokter.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah jangan sekali-kali menggunakan obat kutu kemaluan pada area alis atau bulu mata. Untuk mengetahui jenis obat mana yang tepat pada area tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Obat kutu kemaluan dapat bermacam-macam wujudnya mulai dari krim, lotion, hingga sampo yang memiliki kandungan anti-parasit. Dokter biasanya akan menyarankan jenis obat tertentu tergantung dari hasil pemeriksaan yang ada.

Pengobatan infeksi parasit ini umumnya harus diulangi setelah 7-10 hari. Beberapa obat penghilang kutu kemaluan memang perlu pengulangan aplikasinya. Anda akan diminta untuk mengamati area terinfeksi selama dan setelah pengobatan kedua selesai guna memastikan masih ada tidaknya kutu atau telur.

Jika kutu dan telurnya masih banyak dijumpai, maka bisa jadi jenis pengobatan yang dipakai tidak manjur, atau kutu sudah kebal terhadapnya. Jika hal ini terjadi, dokter mungkin akan memberikan jenis obat lainnya.

Tak sedikit obat yang juga menimbulkan efek samping ketika diaplikasikan ke kulit, seperti perih, iritasi, timbulnya sensasi gatal atau sengatan, serta kemerahan. Selain itu, obat penghilang kutu yang menggunakan alkohol sebagai bahan dasarnya mungkin akan membuat warna rambut pudar.

Yang patut dicatat adalah Anda harus mengikuti petunjuk dokter untuk pengaplikasian obat yang diberikan agar hasilnya efektif. Selain itu, Anda juga perlu memberitahukan dokter jika sedang hamil, menyusui, berumur 18 tahun ke bawah, atau sedang menderita penyakit menular seksual lainnya.

Bila terdapat dua atau lebih penderita kutu kemaluan dalam satu rumah, sebaiknya para penderita diobati secara bersama-sama, sehingga semua kutu kemaluan di rumah tersebut dapat dibasmi secara tuntas.