Kutu Kemaluan

Pencegahan Kutu Kemaluan

Pencegahan kutu kemaluan yang pertama pastinya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan organ keintiman.

Kalau pasangan memiliki gejala gatal-gatal di area kemaluannya, atau bagian tubuh lain yang ditumbuhi rambut, maka jangan segan untuk memeriksakannya ke dokter guna mencari tahu kemungkinan adanya infeksi parasit Pthirus pubis.

Bila pemeriksaan menunjukkan hasil positif, maka untuk sementara waktu, hindari berhubungan seksual atau kontak fisik dengan pasangan. Lakukan ini setidaknya sampai ia dinyatakan benar-benar sembuh dari infeksi organisme tersebut. Dalam hal ini, tak ada salahnya kalau Anda juga memeriksakan diri untuk tindakan pencegahan infeksi kutu.

Dan karena parasit ini juga dapat menular melalui baju, handuk, maupun sprei yang pernah dipakai penderitanya, maka pencegahan kutu kemaluan tentunya adalah dengan tidak memakai barang-barang milik si penderita.

Kalaupun ada anggota keluarga atau pasangan yang pernah atau sedang terinfeksi kutu kemaluan, ada baiknya semua barang yang pernah ia gunakan seperti pakaian, seprei, dan handuk dicuci menggunakan air panas agar kutu mati dan tidak sampai menulari orang lain.

Untuk mencegah terjadinya infeksi kulit lebih lanjut, para penderita penyakit menular seksual juga perlu memeriksakan diri untuk kemungkinan adanya infeksi kutu kemaluan.