Kutu Kemaluan

Komplikasi Kutu Kemaluan

Komplikasi kutu kemaluan biasanya berupa iritasi kulit. Rasa gatal yang disebabkan air liur kutu seringkali membuat penderitanya tak tahan dan menggaruk kulit di sekitar area terinfeksi. Akibatnya kulit jadi lecet, luka, dan iritasi.

Jika tak segera diobati, maka bagian kulit yang lecet tadi bisa terkena infeksi lain yaitu impetigo yang disebabkan oleh bakteri streptococcus atau staphylococcus. Kalau bakteri ini sampai masuk dan berkembang dalam tubuh, maka dapat memicu peradangan lain yang sifatnya menular. Selain impetigo, komplikasi kutu kemaluan lainnya adalah timbulnya bisul kulit (furunkulosis).

Dan kalau alis atau bulu mata yang terinfeksi kutu kemaluan, maka radang mata (blepharitis) serta infeksi selaput lendir mata (konjungtivitis) dapat terjadi. Kalau hal ini sampai terjadi, maka Anda harus segera menemui dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Para penderita penyakit menular seksual yang positif mengidap kutu kemaluan juga perlu segera melakukan pemeriksaan dan perawatan agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut yang membahayakan kesehatan.