Kutil Kelamin

Komplikasi Kutil Kelamin

Infeksi virus HPV yang tidak ditangani bisa menyebabkan komplikasi kutil kelamin berujung kepada penyakit mematikan seperti kanker. Selain itu, kutil kelamin juga bisa menyebabkan masalah pada kehamilan.

Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh tipe virus HPV tertentu. Beberapa tipe virus HPV juga dapat menyebabkan kanker pada vulva, kanker dubur, kanker penis, dan kanker mulut atau tenggorokan. Infeksi Human Papilloma Virus tidak selalu menyebabkan kanker, namun pada wanita yang terinfeksi harus melakukan tes pap smear berkala untuk memonitor perubahan pada serviks dan mencegah kanker.

Kanker Rektum

Terdapat laporan kasus terjadinya kanker rektum yang disebabkan oleh HPV. Virus HPV pada kasus ini biasanya ditularkan dengan hubungan seksual lewat anus. Bila terdapat kutil kelamin pada daerah di sekitar anus, harus dilihat kemungkinan terjadinya kanker rektum ke depannya.

Komplikasi Kutil Kelamin pada Kehamilan

Kutil kelamin dapat menyebabkan komplikasi serius pada ibu hamil. Kutil kelamin dapat melebar dan menutupi lubang kencing dan menyulitkan buang air kecil.

Kutil kelamin pada dinding vagina dapat mengurangi keelastisan  jaringan vagina saat melahirkan. Selain itu, kutil kelamin yang terlalu besar pada vulva dan vagina bisa menyebabkan pendarahan karena meregang pada saat proses melahirkan.

Selain berbahaya pada ibu hamil, kutil kelamin juga dapat ditularkan kepada bayinya. Walaupun kasus ini jarang terjadi, namun tetap ada risiko bayi tertular seperti munculnya kutil kelamin pada tenggorokan. Bayi yang tertular penyakit menular seksual kutil kelamin disarankan melakukan operasi agar tidak menyumbat saluran pernapasannya.