Kutil Kelamin

Gejala Kutil Kelamin

Ciri-ciri kutil kelamin bisa nampak dan bisa juga tidak tampak karena ukurannya yang kecil dan sewarna dengan warna kulit. Pada wanita, kutil kelamin bisa tumbuh dalam vulva, dinding vagina, bagian permukaan kulit di antara vagina dan dubur, di dalam dubur, dan mulut rahim.

Sedangkan pada pria, gejala kutil kelamin dapat muncul pada bagian batang penis atau di ujung penis, skrotum, dan dubur. Terkadang, keberadaan kutil kelamin pada pria dapat tersamarkan pada kepala penis yang belum disunat. Selain pada area kelamin, kutil kelamin dapat muncul di pangkal paha, paha, bibir, mulut bagian dalam, lidah dan tenggorokan.

Tanda-tanda kutil kelamin adalah permukaannya seperti kembang kol dan jika dipegang bisa terasa halus atau bertekstur seperti permukaan kuntum kembang kol. Masing-masing individu mungkin merasa sakit atau juga tidak saat dirinya terinfeksi HPV dan muncul kutil kelamin di alat kelamin atau bagian tubuh lainnya.

Orang yang terinfeksi HPV bisa saja tidak melihat munculnya kutil kelamin, namun jika merasakan gejala seperti berikut sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter:

  • Terlihat permukaan seperti bentol berwarna kemerahan atau abu-abu
  • Area alat kelamin terasa gatal
  • Area alat kelamin terasa seperti terbakar
  • Terjadi perdarahan saat berhubungan intim
  • Keluar cairan tidak normal dari vagina atau dubur