Kutil Kelamin

Pengertian Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang paling umum terjadi. Biasanya, pria dan wanita yang aktif secara seksual pasti pernah mengidap kutil kelamin secara sadar atau tidak. Walaupun kutil kelamin bisa menyerang pria dan wanita, namun wanita lebih rentan untuk terkena penyakit ini.

Penyebab Kutil Kelamin

Penyebab kutil kelamin adalah Human Papilloma Virus atau HPV. Virus ini sangat mudah tertular melalui kontak seksual. Beberapa jenis virus HPV bisa menyebabkan kanker pada rektum, serviks, dan penis. Kutil kelamin biasanya akan muncul setelah tiga bulan atau lebih setelah seseorang terinfeksi.

Pada beberapa orang yang terinfeksi HPV, terkadang kutil kelamin tidak muncul. Oleh karena itu, jika seseorang merasa dirinya terinfeksi sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikan.

Gejala Kutil Kelamin

Perhatikan gejala kutil kelamin agar Anda memiliki pengertian kutil kelamin yang cukup, terlebih jika telah aktif secara seksual. Ciri-ciri gejala kutil kelamin adalah seperti berikut:

  • benjolan atau bentol yang berwarna seperti daging atau merah muda dan merah yang muncul di area sekitar kemaluan atau di alat kelamin.
  • permukaan kutil kelamin terlihat seperti kuntum kembang kol namun terkadang kutil kelamin terlalu kecil, sehingga sulit terlihat atau malah tidak terlihat sama sekali.
  • sering muncul secara bergerombol sebanyak tiga sampai empat kutil berkumpul dalam satu titik dan dapat menyebar ke titik lain dengan cepat.
  • biasanya tidak terasa menyakitkan, namun bisa terasa gatal dan sakit ringan, serta mengandung cairan atau darah.

Bagaimana cara mengetahui jika terinfeksi virus HPV dan kutil kelamin? Seperti penyakit menular seksual lainnya, kutil kelamin tidak selalu menunjukkan gejala. Gejala yang nampak adalah munculnya kutil di area kemaluan.

Pada wanita, kutil kelamin bisa muncul di luar dan di dalam vagina, di serviks atau mulut rahim, dan di sekitar dubur. Sedangkan pada pria, kutil kelamin dapat muncul di ujung penis, batang penis, buah zakar, dan sekitar dubur.

Selain di sekitar alat kelamin, kutil kelamin bisa muncul di area mulut dan tenggorokan akibat seks oral dengan orang yang terinfeksi. Karena tidak ada cara untuk mengetahui apakah kutil akan muncul atau hilang, orang yang merasa dirinya terinfeksi harus memeriksakan dirinya dan mengikuti perawatan dan pengobatan jika memang terinfeksi.

Diagnosis Kutil Kelamin

Untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi Human Papilloma Virus, dokter akan melakukan tes seperti berikut:

  • pemeriksaan visual untuk melihat adanya kutil yang tumbuh
  • mengoleskan asam asetat ringan untuk memeriksa kutil yang tidak terlihat
  • pemeriksaan panggul dan pap smear
  • tes khusus untuk HPV yang caranya sama seperti pap smear
  • pemeriksaan biopsi pada mulut rahim serta pemeriksaan dubur.

Pasien wanita biasanya akan disarankan untuk berkonsultasi pada ginekolog, dokter yang ahli dan khusus menangani kesehatan alat reproduksi wanita untuk melakukan tes lebih lanjut dan pemeriksaan biopsi.

Pengobatan Kutil Kelamin

Pengobatan kutil kelamin biasanya dilakukan dengan obat topikal yang dioleskan langsung di area kutil. Untuk kutil kelamin yang ukurannya sudah terlalu besar, maka operasi umum dilakukan untuk menghilangkannya.

Pencegahan Kutil Kelamin

Selain dengan pemberian vaksin HPV, wanita yang telah aktif secara seksual juga disarankan untuk melakukan tes pap smear secara berkala untuk mengetahui kesehatan organ reproduksinya dan untuk menghindari dan mencegah penyakit dan masalah kewanitaan yang lebih kompleks.