Kudis

Perawatan Kudis

Kudis sangat efektif dihilangkan dengan pengobatan yang tepat. Belum ada bukti kuat bahwa kudis dapat disembuhkan tanpa pengobatan. Meski demikian, ada perawatan kudis yang dapat Anda lakukan di rumah sembari menjalankan pengobatan dari dokter.

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gatal-gatal dari kulit adalah dengan menggosok bagian yang terkena kudis di dalam air dingin selama kira-kira 10 menit. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk lembut.

Setelah benar-benar kering, oleskan losion calamine yang bisa Anda dapatkan tanpa resep dokter. Lakukan perawatan ini secara rutin agar orang-orang terdekat Anda tak tertular, terutama bila kudis yang Anda derita terkategori sebagai penyakit menular seksual.

Selain menggosok luka kudis dalam air dingin, perawatan kudis yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan menggunakan tea tree oil, bleach, campuran minyak zaitun dan lemon, cuka apel, dan alkohol. Namun, yang perlu diingat ialah bahan-bahan ini belum diketahui efek sampingnya terhadap penderita kudis.

Perawatan non-medis lainnya adalah dengan mencuci semua alas tidur dan pakaian yang Anda gunakan dengan air panas dan sabun pencuci sehingga dapat mengurangi risiko penularan ke anggota keluarga lain.