Kudis

Pencegahan Kudis

Pencegahan kudis terbaik adalah dengan sebisa mungkin menghindari kutu penyebab kudis. Penyebaran kutu biasanya terjadi lewat kontak fisik yang lama dan intens dengan penderita kudis.

Maka dari itu, pencegahan kudis dapat dilakukan dengan menghindari kontak langsung dengan penderita kudis. Bila kudis yang diderita pasangan Anda termasuk dalam kategori penyakit menular seksual, tundalah berhubungan seks. Apabila gejala kelainan kudis terjadi pada alat kelamin pasangan Anda, usahakan agar selalu menggunakan pengaman ketika melakukan hubungan seksual.

Hindari pula menggunakan barang-barang yang sama dengan penderita kudis seperti handuk, baju, sprei, atau selimut. Bila Anda tinggal serumah dengan penderita kudis, usahakan sang penderita mencuci sendiri barang-barang pribadi yang dia gunakan.

Sehari sebelum dicuci, rendam terlebih dulu barang-barang tersebut dalam air panas. Jika barang tersebut tidak dapat dicuci, simpanlah dalam plastik bersegel selama 2 minggu. Parasit akan mati dengan sendirinya.

Hindari menyemprot rumah dengan pestisida karena tak berguna untuk membunuh kutu kudis. Pestisida justru dapat membahayakan bila terserap kulit penderita kudis karena kulit penderita kudis menjadi lebih mudah menyerap zat toksin yang menempel akibat kondisi iritasi peradangan yang terjadi.