Kuasai 3 Hal Ini Sebelum Memulai Program Diet Karbohidrat

Memulai program diet bagi sebagian orang dirasa sangat sulit, sementara sebagian lagi justru merasa tertantang. Tidak hanya untuk mengurangi berat badan, aturan diet yang benar dan pola makan diet yang seimbang akan berpengaruh terhadap kesehatan yang akan menjadi investasi di masa mendatang. Sebelum memulai program diet, ada baiknya Anda mengetahui aturan diet berikut ini!

SEBELUM memulai program diet karbohidrat, sangatlah penting untuk melakukan dua hal berikut ini. Yaitu, 1) Pastikan Anda telah sepenuhnya siap dengan apa yang terjadi kedepannya selama program diet dijalankan, dan 2) Catat beberapa pengukuran tubuh sebelum Anda memulai sehingga nanti Anda akan tahu apa yang berubah.

Persiapan mengubah pola makan diet

Mengubah pola makan bisa menjadi hal yang menakutkan, sehingga kebanyakan orang tidak berhasil dalam menyesuaikan pola makan mereka yang baru. Tanpa persiapan yang matang dan dukungan dari orang-orang terdekat, maka kemungkinan keberhasilan diet Anda akan semakin kecil.

Pikirkan kembali apakah Anda benar-benar termotivasi untuk memulai diet dan carilah dukungan dari orang terdekat. Selain itu, lakukanlah beberapa cara untuk memulai program diet di minggu-minggu pertama.

Anda bisa menuliskan jadwal jenis olahraga yang akan dilakukan selama satu bulan ke depan dan menuliskan daftar belanja makanan sehat untuk satu minggu, sehingga tidak ada alasan untuk makan sembarangan karena terpaksa.

Hal-hal yang perlu diukur

Banyak orang yang menyesal tidak melakukan pengukuran sebelum mereka memulai program diet. Melakukan pengukuran dapat membantu Anda melihat perubahan yang telah dicapai.

Idealnya, Anda mengunjungi pakar nutrisi atau laboratorium untuk melakukan tes darah, namun beberapa tes dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah pengukuran yang perlu dilakukan dalam diet rendah karbohidrat.

Berat badan

Timbang berat badan Anda secara reguler dan timbanglah selalu setiap hari pada waktu yang sama. Anda dapat juga mengukur Indeks Massa Tubuh Anda untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak.

Persentase lemak tubuh

Memang kita menggunakan istilah menurunkan berat badan. Akan tetapi, yang benar-benar ingin kita hilangkan adalah lemak. Idealnya, Anda harus mengetahui seberapa besar lemak pada tubuh Anda berubah selama menjalani program diet.

Lingkar pinggang dan pinggul

Yang paling penting dari jenis lemak adalah lemak perut yang mengelilingi organ tubuh serta di dalam liver. Lemak perut yang berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Lemak perut ini dapat dihitung secara kasar dengan mengukur lingkar pinggang. Jika lingkar pinggang pada