Kontrasepsi Metode Intrauterine

Pengertian Kontrasepsi Metode Intrauterine

Pengertian intrauterine merujuk pada kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim. Biasa disingkat IUD (Intra-Uterine Device), intrauterine device adalah salah satu metode kontrasepsi untuk program keluarga berencana.

Dalam metode ini, dokter menggunakan alat dari bahan plastik berbentuk huruf “T”. Alat ini kemudian dikemas dalam tembaga atau hormon tertentu untuk kemudian dimasukkan ke dalam uterus lewat vagina.

Ujung IUD yang terbuat dari benang plastik akan menjulur dari serviks ke vagina. Ujung ini pulalah yang nantinya bermanfaat bagi dokter saat hendak melepaskan IUD.

Intrauterine adalah alat kontrasepsi yang bertugas mencegah pembuahan di sel telur dengan cara mempersulit sperma mencapai sel telur dan membunuh sperma. Ada dua jenis IUD, yakni IUD tembaga dan IUD hormon.

Untuk memasang alat kontrasepsi IUD, Anda dapat menghubungi bidan atau dokter kandungan. Proses pemasukan IUD ke uterus dapat dilakukan kapan saja saat Anda tidak hamil atau tidak sedang mengalami infeksi di organ panggul. Namun begitu, sangat dianjurkan untuk melakukannya saat hari terakhir menstruasi karena lubang serviks masih terbuka sehingga pemasangan lebih mudah.

Pemasangan IUD hanya akan berlangsung selama beberapa menit dan biasanya dapat langsung dilakukan di ruang praktek dokter. Anestesi lokal mungkin saja dilakukan di sekitar serviks, tapi ini tak selalu perlu dilakukan. IUD akan lebih mudah masuk ke dalam vagina bila sebelumnya Anda melahirkan dengan cara normal.