Kontrasepsi Hormonal

Suntikan (Depo Provera) Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal suntikan Depo Provera atau lebih dikenal dengan KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan oleh wanita Indonesia. Metode ini sering dipilih karena sangat efektif dan reversible (mengembalikan kesuburan jika pemakaiannya berhenti).

Suntikan depo provera hanya mengandung hormon progestin dan diberikan sebanyak 4 kali dalam setahun, sehingga sangat cocok bagi wanita yang kesulitan mengikuti rutinitas kontrasepsi yang per hari, per minggu, atau per bulan.

Cara Suntik Depo Provera

Cara suntik Depo Provera adalah dengan menyuntikkan cairan di otot bagian lengan atas atau bokong. Suntik dilakukan setiap 12 atau 13 minggu sekali dan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional.

Cara kerja suntikan Depo Provera sama seperti kontrasepsi hormonal lainnya, yaitu dengan menebalkan lendir di mulut rahim untuk mempersulit sperma mencapai sel telur dan menipiskan dinding rahim untuk mencegah implantasi.

Hanya 2 dari 100 wanita yang konsisten menggunakan metode suntikan Depo Provera, hamil setiap tahunnya. Dalam penggunaan biasa, ada 6 dari 100 wanita yang menjadi hamil setiap tahunnya.

Kekurangan dan Efek Samping Suntikan Depo Provera

Efek samping dari KB suntik adalah sebagai berikut:

  • kebanyakan wanita tidak mengalami menstruasi saat memakai KB 3 bulan, kalaupun terjadi menstruasi, siklusnya menjadi tidak teratur
  • terjadi perubahan volume darah menstruasi, sangat sedikit atau banyak sekali
  • mengurangi kepadatan mineral tulang selama pemakaian
  • efek samping hormonal seperti jerawat, payudara sensitif, suasana hati tidak menentu, dan berkurangnya libido.
  • setelah berhenti pemakaian, butuh waktu 6 sampai 10 bulan bagi wanita untuk bisa menghasilkan sel telur secara normal, sehingga agak sulit untuk langsung hamil setelah berhenti memakai KB suntik 3 bulan
  • tidak melindungi dari penyakit menular seksual
  • harus dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional, tidak bisa digunakan sendiri di rumah.