Kontrasepsi Hormonal

Pil Kontrasepsi Darurat Kontrasepsi Hormonal

Pil KB darurat merupakan pil kontrasepsi yang digunakan wanita setelah hubungan intim tanpa pengaman atau ketika metode kontrasepsi yang biasa digunakan bermasalah atau gagal.

Pil KB darurat digunakan hanya pada situasi tertentu dan bukan untuk dipakai secara regular. Kontrasepsi ini bisa digunakan pada seseorang yang mengalami situasi darurat seperti korban pemerkosaan atau wanita yang melewatkan kontrasepsi yang harusnya digunakan secara teratur (seperti lupa minum pil KB).

Perlu diketahui bahwa pil KB darurat ini berfungsi untuk mencegah kehamilan, bukan untuk mengugurkan janin. Pil KB darurat bekerja dengan cara memperlambat ovulasi sehingga memungkinkan tidak terjadinya kehamilan.

Efektivitas pil KB darurat tergantung dari seberapa cepat Anda meminum pilnya, lebih cepat lebih baik. Baiknya, tidak lebih dari 72 jam pasca hubungan intim tanpa pengaman.

Efektivitasnya juga dipengaruhi oleh indeks massa tubuh. Perempuan yang mempunyai IMT diatas 25 mungkin memiliki keberhasilan yang lebih rendah. Pil KB darurat dapat didapatkan di apotek, toko obat, atau swalayan besar tanpa resep dokter. Namun, bagi perempuan di bawah 17 tahun harus menyertakan resep dari dokter.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter karena bisa saja pil darurat tidak cocok bagi wanita yang mempunyai penyakit atau alergi obat tertentu.

Pilihan pil KB darurat di Indonesia sudah ada sejak sekitar tahun 2011. Namun, mungkin tidak semua apotek atau toko menyertakan pilihan kontrasepsi ini karena kebijakan masing-masing perusahaan.

Waspadai pula efek samping dari pemakaian kontrasepsi ini seperti mual, muntah, atau pusing. Disarankan untuk beristirahat pasca mengonsumsi pil KB darurat. Jika terjadi pendarahan tidak wajar segera hubungi dokter.