Kontrasepsi Hormonal

Cincin Vagina Kontrasepsi Hormonal

Cincin vagina merupakan sebuah alat kontrasepsi berbentuk seperti cincin berwarna bening yang lembut dan fleksibel. Alat kontrasepsi ini berdiameter 54 milimeter. Cara pemakaiannya adalah dengan dimasukan ke dalam vagina. Cincin vagina kemudian akan melepaskan estrogen dan progestin secara perlahan.

Hormon yang dilepas oleh cincin vagina berfungsi mencegah ovarium melepas sel telur dan menebalkan mukosa atau lendir pada serviks, serta menipiskan dinding rahim sehingga mempersulit terjadinya implantasi atau pembuahan.

Cara Pemakaian Cincin Vagina

Cincin vagina hanya ada dalam satu ukuran dan tidak harus diletakkan pada posisi tertentu agar alat kontrasepsi ini bisa efektif. Dalam pemasangannya, cincin vagina akan ditahan oleh dinding vagina. Ketika sudah masuk, biasanya pemakainya tidak merasakan apa-apa.

Sebelum memasukkan cincin ke dalam vagina, beberapa merk membutuhkan cincin diputar terlebih dahulu. Dalam memakai dan melepas cincin vagina, wanita bisa melakukannya sendiri di rumah. Beberapa wanita mengklaim bahwa cara pakai dan melepasnya sangat mudah.

Cincin vagina dipakai selama 3 minggu, diikuti dengan masa bebas 1 minggu. Artinya, di minggu ke-4, cincin tidak perlu digunakan selama seminggu agar siklus menstruasi terjadi normal. Setelah seminggu tidak memakai cincin vagina, Anda harus kembali memasang cincin vagina yang baru.

Keunggulan Cincin Vagina

Pemakaian alat kontrasepsi ini relatif aman dan reversible (kembali subur jika pemakaiannya dihentikan). Pada beberapa wanita yang memakai cincin vagina, mereka merasakan menstruasi yang lebih teratur, serta berkurangnya intensitas Pre-Menstrual Syndrome atau PMS.

Selain itu, pemakaian metode kontrasepsi hormonal ini dapat menurunkan resiko kanker rahim, tumor rahim, dan kista ovarium.

Kekurangan Cincin Vagina

Alat kontrasepsi cincin vagina memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  • Pemakai cincin vagina harus ingat untuk mengganti alatnya setiap sebulan sekali
  • Pada beberapa wanita, memakai alat cincin menimbulkan rasa tidak nyaman, iritasi, dan cairan vagina yang berlebihan
  • Dapat menyebabkan payudara sensitif, mual, dan sakit kepala
  • Membuat siklus menstruasi tidak teratur
  • Tidak melindungi dari penyakit menular seksual