Kontrasepsi Hormonal

Pengertian Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal adalah metode kontrasepsi yang bekerja melalui sistem endokrin. Pil KB, koyo, dan cincin vagina yang mengandung hormon estrogen dan progestin, serta pil yang hanya mengandung progestin adalah contoh kontrasepsi hormonal. Contoh lainnya adalah implan dan kontrasepsi injeksi atau lebih dikenal dengan suntik KB.

kontrasepsi hormonal

Metode kontrasepsi hormonal bekerja dengan mencegah sel telur dilepaskan dari ovarium. Kontrasepsi tersebut membuat lendir mulut rahim menjadi lebih kental untuk mencegah sperma memasuki uterus serta menipiskan dinding rahim untuk mencegah implantasi atau bertemunya sel telur dengan sperma.

Kontrasepsi hormonal pertama kali dikeluarkan pada tahun 1960. Penggunaan kontrasepsi hormonal merupakan metode paling efektif jika dilakukan dengan benar dengan angka kehamilan 0.3 % sampai 1% setiap tahunnya bagi pengguna pil Keluarga Berencana.

Alat kontrasepsi yang paling populer digunakan adalah pil KB dan metode injeksi atau dikenal juga dengan KB suntik. Kontrasepsi hormonal sampai saat ini hanya bisa digunakan bagi para wanita, sedangkan kontrasepsi hormonal pria masih pada tahap penelitian aktif.