Kontrasepsi Alami

Pengertian Kontrasepsi Alami

Kontrasepsi merupakan sebuah metode, obat, atau alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi alami adalah metode pencegahan kehamilan yang bergantung pada observasi kondisi tubuh wanita atau melalui pengamatan siklus menstruasi.

Dengan kata lain, kontrasepsi alami adalah kontrasepsi yang tidak memanipulasi hormon wanita, dengan metode terpopuler yaitu senggama terputus atau sistem kalender.

Keunggulan Kontrasepsi Alami

Prinsip metode kontrasepsi alami adalah dengan menghindari bertemunya sperma dengan sel telur. Keuntungan dari kontrasepsi alami ini adalah lebih ramah di kantong pasangan suami istri, tidak memerlukan obat-obatan yang memanipulasi hormon dan proses pemasangan alat di dalam tubuh, serta terhindar dari efek samping akibat hormon yang berubah seperti masalah kulit, berat badan, dan lainnya.

Kekurangan Kontrasepsi Alami

Kekurangan dari kontrasepsi alami adalah terkadang bisa menjadi hal yang sulit jika pasangan kurang mampu mengontrol gairah karena pada saat tertentu setiap bulannya, hubungan badan harus dihindari jika tidak ingin terjadi pembuahan. Hal tersebut menjadikan kontrasepsi alami mempunyai tingkat kegagalan yang tinggi dan tidak efektif mencegah kehamilan.