Klamidia

Pencegahan Klamidia

Mengingat klamidia adalah penyakit menular seksual, maka langkah pencegahan yang paling akurat untuk mencegah infeksi penyakit ini adalah menjauhi berbagai aktivitas seksual yang berisiko tinggi dan tanpa pengaman. Bakteri penyebab klamidia berbeda dengan virus HIV yang penyebarannya tidak selalu dari aktivitas seksual. Bakteri klamidia hanya bisa menyebar lewat aktivitas seksual.

Berikut ini adalah beberapa tindakan pencegahan klamidia yang bisa dilakukan untuk menghindari infeksi penyakit ini:

  • Menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Bagi para pria bisa menggunakan kondom berbahan lateks dan wanita menggunakan kondom poliuretan setiap berhubungan seksual. Jangan menggunakan kondom pria dan wanita secara bersamaan, karena dapat merusak kondom dan menghilangkan keefektifannya. Cukup satu orang saja yang menggunakan kondom. Alat kontrasepsi ini memang bisa mencegah klamidia, tapi tidak mengurangi risiko penularan penyakit seksual ini.
  • Batasi jumlah pasangan seksual. Salah satu faktor penyebab klamidia adalah seringnya berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual. Seseorang yang kerap kali berganti pasangan ketika bersenggama memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi klamidia dibanding seseorang yang hanya berhubungan dengan satu pasangan tetap.
  • Lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika Anda aktif berhubungan seksual, terlebih sering berganti-ganti pasangan, maka Anda harus perlu mewaspadai risiko infeksi klamidia. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memastikan bahwa Anda tidak terinfeksi klamidia atau penyakit menular seksual lainnya. Bicarakan dengan dokter Anda mengenai waktu yang tepat untuk memeriksa kesehatan secara rutin guna terhindar dari risiko infeksi klamidia.
  • Hindari douching. Douching adalah membasuh vagina dengan menyemprotkan cairan antiseptik kuat ke dalam vagina. Sebagian orang mengira bahwa cara ini cukup ampuh untuk mengatasi bakteri di dalam dan sekitar vagina. Padahal, cara ini dapat meningkatkan risiko infeksi klamidia. Hindari melakukan douching secara berlebihan dan terus menerus karena dapat membunuh flora normal vagina, yaitu bakteri baik yang secara fisiologis ada di permukaan vagina dan melindungi organ Anda dari invasi bakteri yang merugikan.

Kesimpulannya adalah pencegahan klamidia dapat dilakukan dengan cara menghindari kegiatan seksual, terutama jika dilakukan tanpa menggunakan pengaman.