Klamidia

Pengertian Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual dengan angka kejadian yang tinggi dan sering ditemukan terutama pada wanita dan pria pada usia aktif seksual. Infeksi klamidia disebabkan oleh transmisi bakteri Chlamydia Trachomatis terutama melalui hubungan seksual tanpa pengaman.

Penyebaran penyakit ini dapat terjadi melalui kontak seksual, baik itu hubungan seks vaginal, seks oral, maupun seks anal. Meskipun terbilang umum, banyak penderita klamidia yang tidak menyadari bahwa sedang terinfeksi penyakit menular seksual karena mereka tidak mengalami gejala-gejala yang ditimbulkan penyakit ini.

Klamidia

Penyakit ini bisa dialami, baik wanita maupun pria pada usia aktif berhubungan seksual. Akan tetapi, angka kejadian kasus infeksi klamidia lebih tinggi ditemukan di kalangan wanita muda. Penyakit ini umumnya bisa diobati hingga sembuh.

Penyebaran infeksi klamidia dan juga gambaran gejala klamidia serupa dengan infeksi gonore, sehingga apabila ditemukan tanda-tanda gejala infeksi gonore baiknya juga dilakukan pemeriksaan untuk infeksi klamidia. Hal ini dikarenakan penyakit klamidia seringkali terjadi tanpa adanya gejala, baik pada pria maupun wanita. Menurut penelitian, terjadi banyak kasus klamidia yang baru terdeteksi setelah timbul komplikasi yang mempengaruhi kondisi kesehatan penderitanya.

Komplikasi klamidia terutama mengenai wanita dewasa muda sebagai kelompok dengan angka kejadian paling tinggi. Komplikasi yang paling utama menyebabkan kerusakan permanen pada tuba falopi, sehingga bereiiko tinggi menyebabkan infertilitas dan juga kehamilan ektopik (suatu kondisi dimana pertumbuhan janin terjadi di luar rahim). Infeksi klamidia yang terjadi pada saat masa kehamilan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kelahiran prematur dan berat badan bayi lahir rendah (BBLR).

Mengingat klamidia dapat menimbulkan berbagai komplikasi pada masalah kesehatan terutama kesehatan reproduksi, maka sebaiknya pasien klamidia segera mencari dokter ahli agar mendapat penanganan yang tepat untuk mengatasi penyakit ini. Pasalnya komplikasi yang ditimbulkan klamidia cukup serius, seperti radang panggul, infertilitas, rentan terhadap penyakit AIDS yang disebabkan infeksi virus HIV, dan menularkan infeksi pada bayi yang baru lahir (terutama wanita hamil yang terinfeksi klamidia).

Untuk mengobati penyakit menular seksual ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu. Klamidia bisa diobati dengan antibiotik tertentu. Akan tetapi, pasien harus mendapatkan resep dan dosis yang tepat untuk mengatasi klamidia agar penyakit seksual ini diatasi dengan penanganan yang tepat.