Keputihan

Pengobatan Keputihan

Pengobatan keputihan disesuaikan dengan penyebab keputihan tidak normal yang diderita oleh pasien.

Keputihan karena infeksi jamur

Infeksi jamur dapat dibasmi oleh obat anti jamur. Obat anti jamur untuk keputihan biasanya dimasukkan ke dalam vagina pasien dalam bentuk krim, gel atau kapsul. Bagi pasien yang belum menikah, obat akan diberikan melalui obat minum.

Keputihan karena Gardnerella vaginalis (bakterial vaginosis)

Pasien dengan keputihan akibat infeksi bakterial vaginosis akan diberikan antibiotik oleh dokter dalam bentuk krim atau pil.

Keputihan karena trikomoniasis

Penderita keputihan yang disebabkan oleh infeksi trikomoniasis biasanya diobati dengan obat anti parasit seperti metronidazole atau tinidazole. Tinidazole dan metronidazol adalah obat yang digunakan untuk mengobati beberapa tipe infeksi penyakit yang disebabkan oleh parasit. Obat ini bekerja melawan parasit yang spesifik sehingga tidak bisa sembarang digunakan untuk infeksi lain.

Pengobatan di atas adalah pengobatan keputihan karena infeksi organ kewanitaan yang umum terjadi. Bagi keputihan akibat penyakit lain seperti penyakit menular seksual, diabetes, kanker serviks, atau radang panggul (PID) tentunya akan diobati sesuai ketentuan atau diagnosa dokter.