Keputihan

Komplikasi Keputihan

Komplikasi keputihan bisa berbeda-beda tergantung dari penyebabnya, maka dari itu penting sekali untuk mengobati keputihan yang tidak normal. Seringkali, wanita mengalami keputihan tidak normal sampai bertahun-tahun. Jika tidak diobati, akan menimbulkan komplikasi keputihan yang lebih serius ke depannya.

Masalah pada kehamilan

Keputihan pada saat kehamilan dapat menyebabkan masalah pada kehamilan seperti ketuban pecah dini, sehingga membuat bayi lahir prematur. Infeksi bakteri vaginosis juga dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur, dan infeksi saluran kemih setelah melahirkan.

Risiko infeksi panggul

Keputihan karena infeksi bakteri yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko terkena infeksi panggul.

Tertular penyakit menular seksual

Jika wanita menderita keputihan akibat bakteri vaginosis dan terekspos oleh seseorang yang menderita penyakit menular seksual, maka akan menyebabkannya lebih mudah tertular penyakit menular seksual.

Sulit hamil

Pada beberapa kasus, keputihan menyebabkan wanita sulit mendapat keturunan karena kemungkinan sperma yang masuk ke dalam vagina tidak dapat bertahan atau mati.

Penyebaran infeksi

Keputihan akibat infeksi jamur, bakteri, atau parasit dapat menyebarkan infeksi ke organ tubuh lain, seperti uretra yang menyebabkan infeksi saluran kemih atau radang panggul. Pada kasus ekstrem, infeksi dapat menyebar ke ginjal dan menyebar ke dalam aliran darah dan kelenjar getah bening.